Asuransi Pertanian Mulai Diminati di Pati

oleh -178 views

PATI – Tingginya manfaat asuransi pertanian mulai dirasakan petani di Pati, Jawa Tengah. Buktinya, 4 kecamatan di Pati telah mengikuti asuransi, yaitu Kecamatan Pati, Dukuhseti, Gabus, dan Jakenan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, asuransi memberikan kepastian kepada petani.

“Jika pertanian menghadapi situasi yang bisa menyebabkan gagal panen,maka asuransi memberikan kepastian. Yaitu berupa pemberian ganti rugi atau klaim. Dengan cara ini, pertanian bisa terus berlangsung,” katanya, Senin (28/12/2020).

Hal senada disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Sarwo Edhy.

“Asuransi adalah bagian dari mitigasi bencana. Jika lahan pertanian gagal panen akibat perubahan iklim, cuaca ekstrim, bencana alam, atau serangan organisme pengganggu tanaman, asuransi akan memberikan klaim, terangnya.

Sarwo Edhy menambahkan, klaim yang akan diberikan sebesar Rp 6 juta per hektare.

“Dengan klaim ini, petani akan terhindar dari kerugian. Selain itu, petani memiliki modal untuk tanam kembali,” katanya.

Minat petani di Kabupaten Pati terhadap Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) atau disebut asuransi pertanian menunjukan tren positif.

Dinas Pertanian (Dispertan) Pati mencatat ribuan hektar Iahan pertanian telah memanfaatkan program AUTP.

Menurut Seksi Agribisnls Dispertan Pati, Rukisih, di tahun 2020 program AUTP telah mencover 4 kecamatan. Dari 1.500 hektar Iahan padi yang diajukan, 426,21 hektare diantaranya telah dicover asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *