BPP Lampung Kembali Lolos Sertifikasi ISO 9001:2015

oleh -414 views
oleh

BANDAR LAMPUNG – Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung dinyatakan berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015. Sertifikat ISO 9001:2015 adalah jaminan oleh suatu organisasi atau instansi dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu Pelayanan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementerian Pertanian terus berupaya untuk meningkatkan kualitas segala lini, termasuk mendorong lahirnya inovasi dan pelayanan publik.

“Untuk meningkatkan kinerja serta pelayanan publik, inovasi harus terus dilakukan oleh seluruh UPT di lingkup Kementerian Pertanian,” kata Mentan SYL.

Hal tersebut diperkuat kembali oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi. Menurutnya, kualitas pelayanan publik harus terus menerus diperbaharui. Hal itu karena perkembangan sektor pertanian dan pendukungnya terus berkembang pesat.

“Inovasi menentukan kualitas pelayanan publik. Dan perlu kita pertahankan bahwa seluruh UPT di Lingkup Kementerian Pertanian harus maksimal dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengutamakan pelayanan publik,” kata Dedi.

Proses audit terhadap penyelenggaraan sistem manajemen mutu ini dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung secara daring. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 18 April kemarin diikuti oleh seluruh Tim Pengelola Sistem ISO 9001:2015.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung, Abdul Roni Angkat dan juga diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Leli Hartini, Subkoordinator Program dan Evaluasi, Feri Setyawan, Subkoordinator Penyelenggaraan Pelatihan, Brilliania dan Koordinator Widyaiswara merangkap Manajemen Representatif, Pradoto Hutomo.

“Terima kasih kepada seluruh Auditor yang melakukan audit kepada kami, Balai Pelatihan Pertanian Lampung. Kami mengharapkan dengan adanya audit terhadap sistem manajemen mutu pelayanan yang telah kami lakukan ini, dapat memberikan masukan demi peningkatan mutu pelayanan,” kata Abdul Roni menyampaikan dalam sambutannya.

Salah satu indikator kinerja pelayanan adalah dengan diberikannya rekomendasi Sertifikat ISO 9001:2015. Dengan adanya sertifikat ini menandakan bahwa suatu organisasi atau instansi telah melaksanakan fungsi manajemen dengan tujuan utama memenuhi persyaratan pelanggan.

“Dengan diperolehnya sertifikat ISO 9001:2015 ini, Alhamdulillah, berarti manajemen pelayanan yang diterapkan di BPP Lampung sudah memenuhi standar pelayanan publik yang dipersyaratkan,” demikian Pradoto Hutomo menutup Closing Audit.(*)