Dikelola dengan Baik, Anggota UPJA Tani Karya Mandiri Tuban Terdiri dari 7 Desa

oleh -31 views

TUBAN – Lewat pengelolaan yang baik dan manajemen yang tepat, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Tani Karya Mandiri di Kecamatan Rengel, Tuban, terus tumbuh bahkan bisa diterima. Hingga saat ini sebanyak 7 desa di Kecamatan Rengel, Tuban telah menjadi anggota UPJA Tani Karya Mandiri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemanfaatan alat mesin pertanian sangat dibutuhkan. Ditambahkannya, dunia pertanian akan terus mengalami kemajuan teknologi yang bisa memudahkan petani.

“Petani harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan memaksimalkan alat mesin pertanian. Hal ini penting karena kita ingin menggenjot pertanian, kita genjot produksi pangan dalam kondisi Covid-19. Dan pemanfaatan alsintan bisa membantu petani,” katanya.

Kecamatan Rengel sendiri memiliki lahan sawah seluas 2809 hektare (ha). Kecamatan ini memiliki 16 Gapoktan, serta 72 Kelompok Tani (Poktan). Anggota UPJA Tani Karya Mandiri sesuai nota kesepakatan adalah Desa Karangtinoto (496 Ha), Desa Tambakrejo (140 Ha), Desa Bulurejo (286 Ha), Desa Kanorejo (247 Ha), Desa Sawahan (189 Ha), Desa Ngadirejo (225 Ha), dan Desa Prambonwetan (156 Ha).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy mengatakan pertanian memiliki banyak sektor usaha yang bisa dimanfaatkan, salah satunya usaha penyewaan jasa alsintan.

“Banyak bagian dari pertanian yang bisa dimanfaatkan, salah satunya penyewaan alat mesin pertanian. Usaha jenis ini bukan hanya menguntungkan pemilik alsintan, tetapi juga sangat membantu petani apalagi untuk mempercepat tanam. Besar sekali manfaatnya,” tutur Sarwo Edhy, Jumat (22/05/2020).

Oleh karena itu, Sarwo Edhy sangat mengapresiasi hadirnya UPJA Tani Karya Mandiri. Sebab, UPJA ini mampu menghidupkan sektor pertanian di 7 desa yang ada di Kecamatan Rengel, Tuban.

“Jika dikelola dengan baik, penyewaan alsintan ini juga bisa menyerap banyak tenaga kerja seperti yang dilakukan UPJA Tani Karya Mandiri. Pertanian membutuhkan kehadiran UPJA-UPJA seperti Tani Karya Mandiri,” katanya.

UPJA Tani Karya Mandiri pun mengembangkan sayapnya dengan bekerja sama dengan Hippa Tirto Tinoto Desa Karangtinoto Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Hippa Memiliki Anggota 1364 Orang dan Mengairi Lahan Sawah Seluas 496 Ha.

Sudirman, ketua UPJA Tani Karya Mandiri menambahkan bahwa peralatan yang dimiliki UPJA Tani Karya Mandiri terdiri dari Traktor Roda 4 sebanyak 3 buah, Rice Transplater (2), Combine (2), Excavator (1), Traktor Roda 2 (6). Sementara peralatan yang dimiliki UPJA dan dikelola kelompok tani terdiri dari pompanisasi (5 buah), traktor roda 2 (4), transplanter (2), corn planter (1), dan cultivator (2 buah).

“Dari hasil pengelolaan jasa alsintan, UPJA Tani Karya Mandiri memiliki laba bersih saat ini lebih dari 46 juta rupiah.” Ungkap Sudirman.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *