Embung Dukung Tanaman Pangan dan Peternakan di Pidie Jaya

oleh -78 views

ACEH – Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), mendukung peningkatan sektor pertanian di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Embung juga bisa dimanfaatkan untuk sektor tanaman pangan dan peternakan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan air sangat penting untuk pertanian.

“Pertanian membutuhkan air. Apalagi jika ingin menggenjot produktivitas, air harus selalu tersedia. Kementerian Pertanian mendukung hal tersebut dengan membangun embung. Sehingga air akan selalu tersedia meski musim kemarau,” kata Mentan SYL, Jumat (20/11/2020).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan pembangunan embung adalah bagian dari kegiatan padat karya.

“Embung adalah bagian dari kegiatan padat karya. Tujuannya bukan hanya memenuhi kebutuhan air pertanian, tetapi juga diharapkan bisa menjadi nilai tambah bagi perekonomian warga sekitarnya,” ujarnya.

Di Kabupaten Pidie Jaya, pembangunan embung dilaksanakan oleh Kelompok BIneh Krueng, Kampung Meunasah Bie, Kecamatan Meurah Dua.

“Pembangunan embung ini juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan air pada ternak sapi yang mencapai 150 ekor dan hijauan pakan ternak mencapai 30 hektare. Sistem pemanfaatan air pada lokasi tersebut diposisikan pada tengah-tengah areal peternakan sehingga sapi diternakkan dengan sistem gembala tidak dengan kandang komunal,” terangnya.

Dijelaskan Sarwo Edhy, sapi-sapi dapat memanfaatkan langsung air di embung sebagai sumber minum. Hal ini terlihat pada pembangunan embung terdapat tangga yang dapat digunakan oleh sapi-sapi untuk turun pada level air. Sehingga dapat langsung memanfaatkan air secara langsung.

“Sebelum adanya embung petani kesulitan memenuhi kebutuhan air untuk sapi-sapi mereka,” ujarnya.

Untuk pemanfaatannya sebagai sumber air hijauan ternak, dioptimalkan dengan menggunakan pompa. Secara keseluruhan petani ternak sangat terbantukan dengan adanya pembangunan embung ditengah lahan peternakan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *