IPDMIP Gelar Workshop untuk Penyuluh dan Staf Lapangan Aceh Utara

oleh -261 views
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

ACEH UTARA – Para penyuluh dan staf lapangan di Aceh Utara mengikuti workshop IPDMIP untuk peningkatan kapasitas penyuluh dan staf lapangan tingkat kabupaten Aceh Utara. Kegiatan ini dilaksanakan 20-21 Oktober 2020, di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara. Workshop diharapkan bisa ikut memperkuat ketahanan pangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan peningkatan SDM selalu diupayakan Kementan.

“Meski dalam kondisi Covid-19, Kementan terus mendorong peningkatan kualitas SDM. Kita maksimalkan Kostratani yang sudah terhubung dengan AWR. Kita lakukan pelatihan-pelatihan secara daring,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan workshop ini penting untuk meningkatkan kapasitas SDM pertanian.

“Faktor pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas pertanian adalah SDM, baik itu petani, penyuluh, poktan, dan gapoktan. SDM yang berkualitas akan bisa menghadirkan inovasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas,” katanya.

Workshop dibuka Plt. Kadistanpan Aceh Utara Erwandi, yang memberikan apresiasi kepada PT.Amythas selaku konsultan pelaksana workshop. Erwandi berharap IPDMIP di Aceh Utara berjalan dengan baik serta turut menjaga ketahanan pangan di Aceh Utara.

Dalam kesempatan yang sama Laode Ahmad Nasir selaku koordinator Konsultan Regional 1 Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, menjelaskan bahwa di regional 1 terdapat tiga orang Tenaga Ahli yaitu Eryadi sebagai TA Farming System, Laode Ahmad Nasir sebagai TA Value Chain, dan Anwar Haryono. Disetiap kabupaten ditempatkan satu orang Koordinator Kabupaten.

Korkab Aceh Utara Anwar, menjelaskan bahwa kegiatan workshop tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman para penyuluh dan staf lapangan. Khususnya terhadap kegiatan IPDMIP untuk menjaga ketahanan pangan serta untuk meningkatkan pendapatan para petani.

Workshop dihadiri 30 peserta terdiri dari para penyuluh, Koordinator TPM dan TPM diwilayah kerja IPDMIP sementara dari dinas terkait dihadiri oleh Muhamad Yusuf Rahman dari Bapeda Aceh Utara, Jafar dari Dinas PUPR Aceh Utara.

Dinas PUPR dan Bappeda mengharapkan agar kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada para penyuluh untuk meningkatkan pendampingan terhadap petani. Mereka juga menghimbau agar sarana dan prasarana penunjang yang telah dibangun untuk dipelihara sehingga bisa dirasakan manfaatnya dimasa yang akan datang. (Fat/EZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *