IPDMIP Perkuat Arah Kebijakan Nasional

oleh -114 views

SUARAJATIM.CO.ID//JAKARTA – Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP), dinilai sejalan dengan kebijakan nasional, khususnya di bidang pertanian. Karena, IPDMIP juga menggenjot produktivitas pertanian untuk menjaga ketahanan pangan.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, ada beberapa alasan yang membuat IPDMIP penting untuk dijalankan.

“Ada tiga hal yang menjadi dasar mengapa program IPDMIP penting dijalankan. Pertama, karena IPDMIP mendukung peningkatan produksi pertanian dalam mencapai ketahanan pangan, Kedua IPDMIP mendukung penguatan kelembagaan pengelola pertanian beririgasi, dan Ketiga peningkatan infrastruktur irigasi yang lebih produktif dan manajemen yang berkelanjutan,” tuturnya.

Dedi Nursyamsi menjelaskan, IPDMIP sejalan dengan kebijakan nasional lantaran turut mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang mengedepankan kemajuan sektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

“Pemerintah Indonesia mendorong implementasi program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program atau IPDMIP. Program IPDMIP dilaksanakan selama 5 tahun dan akan memberikan manfaat kepada 4 juta petani penggarap dan pemilik lahan di 74 Kabupaten dalam 16 Provinsi. Total luas areal program melingkupi sawah beririgasi seluas 2,5 juta Hektar,” paparnya.

Tidak hanya itu, Dedi Nursyamsi mengatakan IPDMIP mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif, dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang mengedepankan kemajuan sektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Menurutnya, program ini mendapatkan dukungan dari Asian Development Bank dan International Fund for Agricultural Development.

“Dasar pemikiran kegiatan IPDMIP, ialah untuk secara penuh merealisasikan potensi pengurangan kemiskinan pertanian beririgasi,” ujarnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga memberikan dukungan untuk IPDMIP.

“IPDMIP bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian di daerah irigasi. Dan tentunya juga peningkatan pendapatan petani yang ujung-ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan petani,” katanya.(EZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *