Kementan Beri Bantuan Alsintan untuk Pertanian Labuanbatu

oleh -201 views

LABUANBATU – Kementerian Pertanian memberikan dukungan untuk sektor pertanian di Labuanbatu, Sumatera Utara. Dukungan tersebut berupa bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) jenis hand traktor dan mesin pompa air.

Bantuan alsintan ini diserahkan kepada sejumlah Kelompok Tani (Koptan) di Kabupaten Labuhanbatu. Seperti Koptan Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu, Koptan Desa Sei Pegantungan Kecamatan Panai Hilir,  dan Koptan Desa Sei Siarti Kecamatan Panai Tengah.

Alsintan juga diberikan kepada kelompok tani di Desa Tanjung Haloban dan Desa Selat Besar Kecamatan Bilah Hilir.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap petani bisa memaksimalkan bantuan yang diberikan.

“Bantuan alsintan ini kita harapkan bisa digunakan dengan semaksimal mungkin. Harus ada dampak positif dari pemanfaatan alsintan, berupa peningkatan produktivitas,” katanya Minggu (10/1/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan alsintan bisa mendukung peningkatan produksi pertanian.

“Salah satu alasan alsintan diberikan adalah untuk peningkatan produktivitas. Hal ini sangat dimungkinkan karena alsintan bisa menekan losses. Imbasnya adalah produktivitas yang meningkat,” katanya.

Tidak hanya itu, Sarwo Edhy mengatakan alsintan bisa mendukung proses percepatan tanam.

“Dengan alsintan proses pertanian bisa berlangsung lebih cepat. MIsalnya untuk mengolah lahan. Jika dengan cara lama butuh waktu beberapa hari, dengan alsintan jenis traktor cuma memakan waktu beberapa jam,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *