Kementan Gelontorkan 53 Unit Hand Traktor untuk Petani Toba

oleh -103 views

TOBA – Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk mendukung pertanian di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Bantuan yang diberikan berupa 53 unit hand tractor yang dibagikan untuk 53 kelompok tani di 16 Kecamatan Kabupaten Toba di UPTD Pertanian Lanbow, Kecamatan Laguboti.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap bantuan ini bisa semakin memotivasi petani.

“Bantuan alsintan diberikan untuk membantu petani. Agar petani bisa semakin maksimal dalam bekerja dan agar produksi bisa ditingkatkan,” tuturnya, Kamis (26/11/2020).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan alsintan mampu mendukung petani untuk meningkatkan produktivitas.

“Penggunaan alsintan adalah ciri pertanian modern. Alsintan bisa mendukung peningkatan produktivitas karena mampu meminimalisir losses,” terangnya.

Tidak hanya itu, Sarwo Edhy menjelaskan jika alsintan bisa dimanfaatkan dari proses olah lahan hingga pasca panen.

“Alsintan akan membuat pertanian menjadi lebih mudah. Alsintan bisa dimanfaatkan dari olah tanah dengan traktor, tanam dengan transplanter, panen dengan combine harvester, hingga pasca panen dan packaging. Semua lebih cepat dan efisien,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *