Kementan Launching E-VTC, Role Model BPP Seluruh Indonesia

oleh -111 views

MALANG – Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), launching Program E-Vocational Training Centre (E-VTC). Program ini merupakan Pengembangan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Pusat Pelatihan Vokasi Online bagi Pendamping dan Pelaku Usaha Tani, Malang, Rabu (27/10/2021).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan sektor pertanian membutuhkan inovasi.

“Pertanian membutuhkan inovasi. Pengembangan pertanian harus diiringi dengan terobosan dengan harapan produktivitas bisa ditingkatkan,” katanya.

Sementara Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi memberikan apresiasi untuk hal tersebut.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik proyek perubahan ini. Keren.  Program ini bisa menjadi model pemberdayaan dan pengoptimalan BPP dalam mendukung Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian Tingkat Kecamatan (Kostratani) bukan hanya wilayah kerja Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan saja, Tapi bisa dikembangkan untuk seluruh BPP Kostratani di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, hal ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern.

“Arah kebijakan ini menjadi pedoman untuk bertindak Cerdas, Cepat, dan Akurat bagi jajaran Kementerian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik, dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki,” ujarnya.

Selain itu juga memanfaatkan teknologi mutakhir melalui optimalisasi penyuluh dan petani dalam pencapaian Program Swasembada Pangan, meningkatkan kesejahteraan petani, dan menggenjot ekspor komoditas pertanian.

“Dengan dikembangkannya E-VTC ini, kami ingin BPP benar-benar memanfaatkan Internet of Things (IoT) maupun Internet Communication Technology (ICT) sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan,” tambah Dedi.

Sementara itu, Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor, mengatakan, Pengembangan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Pusat Pelatihan Vokasi Online (e-VTC) bagi Pendamping dan Pelaku Usaha tani di Wilayah Kerja BBPP Ketindan merupakan bentuk inovasi dan terobosan dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang inovatif, kreatif, profesional, mandiri, berdaya saing, dan berwawasan global.

“Pada aplikasi ini, kita memanfaatkan Google Site sebagai rumah utama dalam proses pembelajaran yang sangat membantu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan para penyuluh pertanian dan petani sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, daya saing produk, nilai tukar petani dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani,” jelas Sumardi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *