Kementan Salurkan Bantuan Alsintan untuk Dukung Pertanian di Lampung Tengah

oleh -53 views

LAMPUNG TENGAH – Dukungan untuk menggenjot sektor pertanian di Lampung Tengah dilakukan Kementerian Pertanian. Dukungan tersebut berupa penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Alsintan yang disalurkan Kementan, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian berupa traktor roda 2 dan alat perontok padi (power threser).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, bantuan ini diharapkan bisa membantu petani meningkatkan produktivitas.

“Alsintan yang sudah diberikan ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Khususnya untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian,” tuturnya, Juat (7/5/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan bantuan alsintan ini menjadi bagian dari modernisasi pertanian Indonesia.

“Semua sektor sudah masuk dalam industri 4.0, termasuk pertanian. Pertanian tidak bisa agi digarap secara konvensional, karena kita bisa tertinggal. Sekarang pertanian sudah harus digarap dengan teknologi mesin bahkan dengan sentuhan digital. KIta mendukung hal itu dengan penyaluran alsintan,” tuturnya.

Sarwo Edhy menambahkan, bantuan ini juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lampung Tengah, Supardi, menceritakan, pemberian Alsintan tentunya telah membantu para petani dalam proses pengelolaan pertanian. Ia mengatakan, bantuan Alsintan itu membuat kualitas dan kuantitas hasil pertanian meningkat

“Alhamdulillah, waktu lalu kami sudah menerima bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian, dan itu tentu telah mambantu para petani untuk mengelola hasil panen. Tentunya hasil panen meningkat, dan Alhamdulillah Alsintan yang sudah diberikan memberi manfaat untuk kami para petani yang menerimanya,” katanya.

Ia berharap Kementerian Pertanian bisa mempertahankan program bantuan Alsintan, dan lebih dimaksimalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *