KUBA Maju Bersama Lakukan Ubinan Benih Padi Dukung Program IPDMIP Sumsel

oleh -94 views

BANYUASIN – Dukungan untuk program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) di Sumatera Selatan, diperlihatkan Kelompok Usaha Bersama Agribisnis (KUBA) Maju Bersama. Kelompok ini melakukan ubinan benih padi untuk mendukung aktivitas IPDMIP.

Kabupaten Banyuasin sendiri masuk dalam penerima program IPDMIP. Atau, program untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pendapatan masyarakat perdesaan dengan memperhatikan sistem irigasi. Lokasi IPDMIP di Kabupaten Banyuasin berada di Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Tanjung Lago.

Kabupaten Banyuasin  memiliki total luas lahan baku sawah tahun 2020 seluas 186,169.86 ha atau sekitar 34.5% dari total luas lahan baku sawah Provisi Sumatera Selatan yaitu seluas 539,814.77 ha.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Kementerian Pertanian akan terus memperkuat sektor pertanian.

“Tidak hanya dalam masa pandemi Covid-19, namun juga hingga pasca pandemi Covid-19 salah satunya dengan mendorong peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian yang ada di kecamatan (Kostratani),” kata Mentan SYL.

Semangat Kostratani sangat diapresiasi oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

“Pendampingan dan pengawalan oleh para Kopasus Kostratani (PBT, POPT, Penyuluh, PPEP yang direkrut oleh Pemerintah Daerah), terus diintensifkan meskipun saat pandemi Covid-19, petani dan Kopasus Kostratani harus tetap sinergi untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tambahnya.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin, Zainuddin, Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Tanjung Lago menerima program IPDMIP karena dilalui oleh aliran sungai.

“Aliran ini dapat dioptimalkan untuk peningkatan produksi masyarakat disekitarnya melalui pemberdayaan yang difasilitasi oleh Program IPDMIP,” jelas Zainuddin.

Salah satu penyumbang produksi padi yang cukup besar di Kabupaten Banyuasin adalah dari Kecamatan Rambutan.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kostratani Rambutan, Sunarno, menyampaikan bahwa hampir sekitar 500 hektar lahan petani yang  berada di aliran sungai Kali Padang, yang meliputi empat desa yaitu Desa Tanjung kerang, Desa Baru, Desa Durian Gadis dan Desa Parit.

“Ke empat desa tersebut masuk dalam kegiatan IPDMIP tahun 2019 dan telah melaksanakan kegiatan Sekolah Lapang (Farmer Field School) Budidaya Padi Rawa Lebak. Kita berharap akan terjadi transfer knowledge dari ketua kelompok tani peserta Sekolah Lapang Budidaya Padi Rawa Lebak ke anggota kelompok tani lainnya. Sehingga, ketua kelompok tani bisa ikut membantu para penyuluh melaksanakan program utama Kementerian Pertanian untuk support program Kostratani,” ujar Sunarno.

Kelompok Usaha Bersama Agribisnis (KUBA) Maju Bersama di Desa Sako, Kecamatan Rambutan yang diketuai Sugiharto, Rabu (4/8/2021), melakukan ubinan hasil penangkaran benih padi Varietas Inpari 32 seluas 20 ha yang bekerjasama dengan kegiatan IPDMIP hasil pertanaman bulan Mei 2021 lalu ha untuk memenuhi kebutuhan benih di Sumatera Selatan.

Hasil ubinan diperoleh Produksi 7.3 ton/ha, sementara sebelumnya hanya sekitar 6-6.5 ton/ha. Panen raya direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Kamis, 5 Agustus 2021.

“Kelompok Usaha Bersama Agribisnis (KUBA) Maju Bersama memang setiap musim tanam padi selalu melakukan penangkaran swadaya, untuk memenuhi kebutuhan kelompok dan petani desa sekitarnya. Usaha penangkaran benih lebih menguntungkan karena harga benih hasil penangkaran senilai Rp 10.000,-  hingga Rp 12.000,- per kilogram sementara Gabah Kering Panen (GKP) untuk konsumsi senilai Rp.5.500,- per kilogram,” jelas Sugiharto.

Lebih lanjut Sugiharto mengatakan bahwa penangkaran bekerjasama dengan IPDMIP sangat  senang sekali karena ada kesepakatan bantuan saprodi oleh pemerintah, dan kelompok harus mengembalikan benih hasil penangkaran sebanyak 1,5 ton per ha untuk keperluan memenuhi kebutuhan benih kabupaten lain yang ada kegiatan IPDMIP. ( SN/ EZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *