Pengguna Kartu Tani di Wonogiri Terus Meningkat

oleh -125 views

WONOGIRI – Para petani di Wonogiri, Jawa Tengah, semakin meminati program Kartu Tani. Buktinya, pengguna Kartu Tani di Wonogiri terus meningkat. Kementerian Pertanian berharap proses distribusi pupuk subsidi melalui Kartu Tani di Wonogiri bisa berlangsung dengan lancar.

Menurut Menteri Pertanian SYahrul Yasin Limpo, salah satu manfaat Kartu Tani adalah memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk subsidi.

“Seperti yang sama-sama kita ketahui, pendistribusian pupuk subsidi terus diperbaiki. Dan tahun ini, kita akan mendistribusikan pupuk dengan memanfaatkan Kartu Tani. Dengan cara ini, pendistribusian pupuk subsidi akan lebih tepat sasaran,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan penggunaan Kartu Tani sangat mudah.

“Kita meminta saat Kartu Tani didistribusikan, lakukan juga sosialisasi penggunaan dan manfaat Kartu Tani,” tuturnya.

Menurut Sarwo Edhy penggunaan Kartu Tani sangat mudah. Petani hanya harus menggesek kartu pada mesin EDC yang disediakan Himbara, yaitu BNI, BRI, dan Mandiri.

“Dengan Kartu Tani, petani akan mendapatkan pupuk subsidi sesuai data yang tercantum dalam eRDKK. Dengan cara ini, kita bisa meminimalisir penyelewengan. Penerima pupuk subsidi sendiri berdasarkan by name bt address jadi lebih tepat sasaran,” katanya.

Terkait tingkat penggunaan kartu tani, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan atau Dispertan Pangan Wonogiri, Safuan mengklaim hingga akhir 2020 mencapai 80 persen.

Angka itu meningkat signifikan setelah terbit ketentuan penebusan pupuk bersubsidi wajib menggunakan kartu tani.

Pada Agustus 2020 tingkat penggunaan kartu tani masih di angka 40,54 persen. Saat itu petani yang menggunakan kartu tani sebanyak 74.641 orang. Sementara, petani yang sudah mendapatkan kartu tani dari Bank BRI hingga bulan yang sama ada 151.348 orang.

“Saya yakin tingkat penggunaan kartu tani selama 2021 nanti meningkat lagi, mengingat aturan sudah diberlakukan,” imbuh Safuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *