Petani di 2 Desa Kukar Diajak Manfaatkan Asuransi

oleh -159 views

KALIMANTAN TIMUR – Kementerian Pertanian mengajak petani di Desa Loa Duri Ulu dan Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, untuk memanfaatkan asuransi. Terlebih lahan pertanian di tempat tersebut terkena dampak banjir.

Di Desa Bakungan dan Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, mayoritas warga berprofesi sebagai petani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengingatkan petani untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

“Sebagaimana prediksi BMKG, Indonesia akan menghadapi fenomena La Nina. Artinya, curah hujan akan meningkatkan. Dan ada potensi pertanian akan terganggu banjir dan lainnya. Untuk itu, kita mengajak petani untuk menjaga lahannya dengan asuransi agar tidak merugi saat gagal panen,” kata Mentan SYL, Sabtu (2/1/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, mengatakan asuransi adalah bagian dari mitigasi bencana.

“Asuransi akan membantu petani agar terhindar dari kerugian dengan klaim. Petani bisa memanfaatkan klaim untuk persiapan tanam kembali,” paparnya.

Sarwo Edhy menambahkan, asuransi juga menjadi bagian dari strategi Kementan untuk menghadapi La Nina.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *