Petani Garut Diajak Memahami Pengelolaan Keuangan di PLEK IPDMIP

oleh -450 views

SUARAJATIM.CO.ID//GARUT – Untuk meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan, petani tidak hanya dituntut untuk mengerti pelaksanaan pertanian yang baik. Lebih dari itu, petani juga harus mengetahui pentingnya mengelola keuangan.

Pentingnya pengelolaan keuangan ini juga disampaikan dalam kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) IPDMIP di Desa Sukarame, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.

Kasi Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Dinas Pertanian Garut, Cecep Maulana, mengatakan selama ini petani mendapatkan ilmu mengenai peningkatan daya produksi.

“Padahal dalam usaha tani itu dalam pengelolaan keuangan sangat penting, khususnya dalam melakukan perhitungan atau analisa. Karena, sangat jarang sekali petani melaksanakan analisa,” tuturnya.

Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Caringin, Siti Nursofia, juga menegaskan jika PLEK sangat banyak manfaatnya.

“Karena, selain diajarkan cara meningkatkan produksi, petani juga diajak meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan,” ujarnya.

Setelah mendapatkan program IPDMIP produktivitas meningkat menjadi 9,7 ton per hektar dari 7,6 ton per hektar . Peningkatan ini akan mendukung penyediaan pangan dan ketahanan pangan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi, mengatakan peningkatan kemampuan SDM sangat penting.

“SDM adalah pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas, dalam pembangunan pertanian. Oleh karena itu peningkatan pengetahuan dan kemampuan SDM sangat penting,” katanya.(EZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *