Poktan Aceh Timur Ikut PLEK IPDMIP

oleh -169 views
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

SUARAJATIM.CO.ID//ACEH TIMUR – Sebagai salah satu daerah yang mendapatkan program IPDMIP, Kabupaten Aceh Timur turut melaksanakan Pelatihan Literasi Edukasi Keuangan (PLEK) untuk Pengurus Kelompok dengan difasilitasi oleh DPIU Kabupaten Aceh Timur. Pelatihan dilaksanakan 14 – 17 September 2020. Sedangkan Rumah Tangga Petani (RTP) akan dilakukan pada tanggal 21, 22, 23, dan 24 September 2020,

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan IPDMIP memiliki tujuan untuk mendukung produksi pertanian.

“Salah satu tujuan dari program IPDMIP adalah untuk meningkatkan produktivitas dan juga meningkatkan kesejahteraan petani. Oleh karena itu, pengetahuan yang diberikan dalam IPDMIP harus diserap dan diimplementasikan dengan baik,” katanya, Sabtu (19/9/2020).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan kegiatan PLEK IPDMIP dilakukan untuk meningkatkan akses dan layanan keuangan bagi petani.

“Untuk meningkatkan akses keuangan petani perdesaan, salah satu factor penunjangnya adalah dengan memberikan pelatihan kepala pelaku keuangan pedesaaan yaitu para petani. Hal ini yang dilakukan dalam PLEK,” katanya.

PLEK di Aceh Timur dilaksanakan di 2 BPP, yaitu BPP Birem Bayeun dan BPP Simpang Ulim, dengan total peserta adalah 40 orang. Sementara untuk Pematerinya adalah para penyuluh pertanian yang sudah ditraining sebelumnya untuk menjadi narasumber.

Peserta PLEK terdiri dari Ketua Kelompok beserta istri. Para ketua kelompok mempertanyakan masalah pertanian sampai dengan sulitnya akses desa mereka dikarenakan jalan untuk menuju desa mereka belum adanya pembangunan.(Zul/PF/EZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *