RJIT Ditjen PSP Turut Mendukung Percepatan Tanam di Soppeng

oleh -46 views

SULAWESI SELATAN – Dampak positif kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian dirasakan petani di Desa Leworeng, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. RJIT turut mendukung percepatan tanam.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan RJIT adalah buktinya nyata dukungan Kementan untuk pertanian di Soppeng.

“Dalam kondisi apa pun, pertanian harus terus berlangsung. Oleh karena itu, kita lakukan kegiatan RJIT untuk memastikan lahan pertanian mendapatkan air yang cukup,” tuturnya, Jumat (2/10/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy, mengatakan kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) di Desa Leworeng, Kecamatan Donri-donri, Soppeng, berdampak positif.

“Dengan kegiatan ini luas lahan yang bisa dilayani irigasi bertambah. Kini aliran irigasi bisa mengairi lahan seluas 55 hektare,” katanya.

Bukan itu sajam Indeks Pertanaman (IP) juga meningkat. Jika sebelumnya IP hanya 150, setelah kegiatan ini indeks pertanaman menjadi 200.

“Ada juga peningkatan Provitas dari 4,8 Ton/Ha, Menjadi 5 Ton/Ha. Setelah ada Kegiatan RJIT, distribusi air ke lahan sawah lebih mudah dan merata serta dapat dilakukan percepatan tanam padi,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *