Sektor Pertanian Payakumbuh Diperkuat ASN PPPK

oleh -119 views

PAYAKUMBUH –Di masa pandemi Covid-19, pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu tumbuh positif. Oleh karena itu, dibutuhkan SDM-SDM berkualitas untuk terus menjaga momentum tersebut, termasuk peran dari penyuluh.

Untuk itu, sebanyak 11.590 tenaga honor lapangan tenaga bantu penyuluh pertanian dari seluruh pelosok tanah air sedang diproses menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan dukungan untuk hal ini.

“Tugas pertanian adalah menyediakan pangan buat seluruh masyarakat. Ini semua tentu harus didukung oleh seluruh insan pembangunan pertanian yang di pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan. Kehadiran ASN PPPK kita harapkan bisa membantu sektor pertanian untuk meningkatan produktivitas,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

“Petani dan penyuluh memegang peran yang paling besar dalam pembangunan pertanian. Karena, faktor pengungkit utama dalam produktivitas pertanian adalah Sumber Daya Manusia,” tuturnya.

Pengangkatan PPPK ini juga dilakukan di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Penyerahan SK PPPK Penyuluh Pertanian Kota Payakumbuh berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, Selasa (23/2/2021).

Penandatanganan Kontrak Kerja untuk 5 tahun kedepan ini dilakukan oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, bagi 20 orang PPPK Penyuluh Pertanian yang berasal dari 19 orang THL TB PP dan 1 orang Penyelia Mitra Tani. SK tersebut berlaku terhitung mulai 1 Januari 2021 dan gaji dibayarkan Maret 2021, sesuai dengan SPMT TMT 1 Maret 2021.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Payakumbuh, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra, dan Kepala BKPSDM Kota Payakumbuh Yasrizal, berharap PPPK yang baru diangkat bekerja lebih giat lagi. Dan saat pensiun nanti, PPPK diharapkan tetap berkarya di lapangan.

“Khususnya dalam melakukan pendampingan petani, dan mensukseskan program Pemerintah di bidang pertanian. Juga untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia petani dan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani di lapangan,” tutur Riza.

“Apabila sudah pensiun nanti silahkan tetap berkarya di lapangan, bekerjasama dan berusaha bersama petani di wilayah kerjanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Depi Sastra, juga meminta para ASN PPPK untuk meningkatkan kinerja, khususnya dalam pembinaan dan pendampingan petani.(PF/EZ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *