Ada Insiden Suporter, Siwo Meminta Liga 1 Dihentikan

oleh -2,045 views
oleh

SUARAJATIM.CO.ID, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Pusat Radja Pane mengutuk keras insiden pengeroyokan massal terhadap supporter Persija Jakarta Haringga Sirila yang berujung kematian di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) jelang laga lanjutan liga 1 antara Persib Bandung VS Persija Jakarta pada Minggu (23/9).

“Bukan sekedar mengutuk, namun Siwo meminta pada pemerintah agar putaran Liga 1 dihentikan hingga permasalahan tragedi yang menimpa suporter Persija itu mendapatkan solusinya,” jelas Raja dalam acara Pelatihan Publikasi Wartawan Media Cetak, online dan elektronik di Jakarta, Rabu (26/9).

Radja melanjutkan, kejadian yang menimpa suporter Persija itu hendaknya jangan sampai terulang kembali. Dengan harapan, dunia olahraga atau sepakbola terus diminati penonton tanpa rasa takut dan aman.

“Siwo menyayangkan kejadian ini, dimana proses-proses perdamaian terus dilakukan akan tetapi masih saja banyak oknum menaruh kebencian dan fanatisme berlebihan,” katanya.

Berdasarkan data yang ada tercatat 46 suporter meninggal dunia. Database Lembaga Kajian dan Pengembangan Keolahragaan lndonesia (LEMKAPOIN) juga mencatat 48 suporter meninggal dunia dan dan PSTI dalam 5 tahun terakhir 10 suporter meninggal dunia, semua akibat aksi kekerasan antar suporter dan atau kelalaian panitia pelaksana pertandingan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Sekali lagi Siwo mengutuk keras insiden di GBLA dan berharap ini menjadi yang terakhir dalam dunia olahraga Indonesia. Siwo juga meminta agar semua elemen suporter sepakbola di Indonesia menghentikan pertikaian dan permusuhan.

“Mari kita membangun sebuah kompetlsi sepakbola yang santun, kreatif dan bermartabat. Dengan harapan, pertandingan sepakbola enak ditonton dan penonton menikmati pertandingan dengan rasa aman,” tambah Radja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *