Apresiasi KPU-Pemerintah, LaNyalla: Pelaksanaan Pilkada 2020 Berjalan Lancar

oleh -131 views

JAKARTA – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi pelaksanaan Pilkada serentak 2020 pada 9 Desember lalu. Menurutnya, pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar.

“DPD mengapresiasi penyelenggara, terutama KPU dan Bawaslu, serta Pemerintah, terutama Polri, karena berhasil menyelenggarakan 270 Pilkada dengan lancar, aman dan damai,” ujar LaNyalla, di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/12/2020).

BNPB mencatat angka rata-rata tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan di daerah-daerah yang mengikuti Pilkada berada di atas 89 hingga 96 persen. LaNyalla menyebut, hal ini merupakan buah kerja keras KPU dan stakeholder lain yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada.

“Pilkada kali ini berbeda karena kita sedang berada di tengah Pandemi virus Corona. Pekerjaan KPU bertambah karena harus memastikan protokol kesehatan dijalankan, dan KPU saya nilai telah berhasil. Saya pribadi mengucapkan selamat,” ucap senator asal Jawa Timur itu.

Kapolri Jenderal Idham Azis menyebut penyelenggaraan Pilkada 2020 di 270 daerah berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Polri menyatakan belum menerima insiden menonjol dalam pencoblosan pada Rabu (9/12) kemarin.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada Polri yang telah memberikan pengamanan dan mengawal penyelenggaraan pilkada, sehingga pilkada berjalan dengan lancar, tanpa ada permasalahan yang berarti,” kata LaNyalla.

Menurut LaNyalla, kinerja Polri ini membantah kekhawatiran berbagai pihak mengenai kerawanan Pilkada. Ia juga berharap semua kandidat menghormati hasil yang ditetapkan KPU.

“Kepada para kandidat, saya juga mengimbau untuk tetap menjunjung tinggi kehormatan dengan menghormati hasil KPU. Bila ada sengketa, selesaikan melalui jalur hukum sesuai konstitusi,” tambah LaNyalla.

Meski pencoblosan sudah selesai, tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 masih akan berlangsung. Tahapan-tahapan Pilkada itu berpotensi menimbulkan kerumunan. LaNyalla meminta masyarakat untuk menahan diri sebab pandemi belum berakhir.

“Kami berharap semua pihak menahan diri, termasuk kepada para simpatisan agar tidak merayakan kemenangan kandidat pilihannya dengan cara berlebihan. Mengingat pandemi Corona masih ada. Tetap patuhi protokol kesehatan,” imbau eks Ketum PSSI itu.

LaNyalla pun mengucapkan selamat kepada kandidat yang unggul dalam penghitungan suara. Sementara itu kepada kandidat yang belum berhasil, ia meminta agar tetap berjuang untuk rakyat melalui medium yang lain. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *