Ini Pemenang Lomba Vlog dan Blog #ExoticNTT

oleh -3,192 views
oleh

Ini Pemenang Lomba Vlog dan Blog #ExoticNTT

KUPANG — Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Lomba Vlog/Blog #ExoticNTT tiba di ujung tahapan. Dari 100 lebih karya yang diterima panitia, terpilih 10 pemenang hiburan serta tiga pemenang terbaik untuk masing-masing kategori Vlog dan Blog.

Pengumuman pemenang dilakukan di Pantai Lasiana, Kupang, NTT, Sabtu (8/12) siang. Para pemenang mendapatkan trophy juga uang pembinaan.

Dalam deretan karya yang dikirim, berbagai keindahan dan eksotisme alam Nusa Tenggara Timur (NTT) diangkat melalui karya video dan tulisan yang penuh kreasi dan informasi. Mulai keindahan matahari terbit Danau Kelimutu di Ende, hingga romansa keindahan matahari tenggelam di Pantai Ketapang Satu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur (NTT), Marius Ardu Jelamu, dalam sambutannya mengatakan, setiap karya yang dihasilkan peserta dapat menjadi sarana promosi pariwisata yang efektif bagi pariwisata Nusa Tenggara Timur. Terlebih konten yang diangkat sangat menarik, dan dikerjakan oleh anak muda dengan sarana media sosial.

“Harapan saya tentunya melalui kegiatan ini dapat menghasilkan karya-karya yang mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Nusa Tenggara Timur sehingga dikenal lebih luas. Baik dalam skala nasional maupun internasional,” ujar Marius.

Menurutnya, dengan penggunaan sosial media sebagai sarana lomba, memungkinkan karya-karya tersebut tersebar dengan cepat dan luas. Yakni sesuai dengan karakter sosial media yang tak memiliki batasan waktu dan jarak.

“Harapan saya karya-karya yang dihasilkan melalui lomba ini dapat menjadi marketing digital yang baik, dan memang sosial media adalah sarana yang paling efektif untuk pengembangan ke depannya. Penggunaan media digital menjadi efektif, cepat dan murah,” kata dia.

Tidak hanya sekadar foto-foto, tapi juga narasi dan literasi baik dan mendalam yang dihasilkan para peserta, akan menjadi informasi yang luas. Wisatawan pun akan semakin tertarik untuk datang.

“Ini adalah kesempatan kita untuk terus mempromosikan Nusa Tenggara Timur. Mari kita berkarya, koneksikan ke dunia luar, tunjukkan apa yang menjadi potensi dan kekayaan kita,” ujarnya.

Marius mengatakan, lomba ini digelar untuk mengembangkan pariwasata sebagai penggerak utama berbagai sektor pembangunan di NTT.

“Kita gelar lomba Vlog dan Blog ini sesuai arahan Gubernur NTT yang telah menuangkan dalam visi NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera, salah satunya yakni Membangun NTT sebagai salah satu gerbang dan pusat pengembangan pariwisata nasional (New Tourism Territory),” ungkap Jelamu.

Menurut Jelamu, secara geografis NTT sangat strategis dan berada dalam ring beauty atau cincin keindahan baik darat, laut maupun udara. “Ini keunggulan kita. Saatnya kita promosikan destinasi pariwisata di NTT ke seluruh penjuru dunia melalui lomba digital ini,” tuturnya.

Martinus Aris Sengaji Tokan, salah satu Panitia Lomba Vlog dan Blog #ExoticNTT mengatakan, antusiasme generasi muda terhadap kegiatan ini sangat tinggi. Terbukti lebih dari 100 karya terkumpul oleh panitia.

“Ini baru kegiatan pertama, tapi sudah diikuti 100 karya. Ini menunjukkan ketertarikan dan kepedulian generasi muda terhadap pariwisata, khususnya di NTT sangat tinggi,” ujar Martinus yang juga Ketua Genpi NTT.

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkenalkan destinasi favorit yang ada di NTT ke seluruh penjuru dunia,” ujarnya.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani turut mendukung kegiatan lomba digital ini. Menurutnya, sebagai salah satu provinsi yang dtitargetkan banyak menyumbang wisatawan mancanegara, penting bagi Provinsi NTT untuk terus mengangkat destinasi pariwisata.

“Salah satunya melalui lomba seperti ini,” ujar Ricky.

Ia pun berharap acara seperti ini dapat berjalan secara simultan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga turut mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan lomba yang mendorong generasi muda dalam berkreasi ini akan memberikan sentuhan yang baik bagi pariwisata.

“Kegiatan ini yang selalu saya harapkan mengangkat destinasi pariwisata ke seluruh dunia. Tinggal tingkatkan Creative Value,” ujar Menpar Arief Yahya.

Ia mendorong agar ke depannya generasi muda bisa kreatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial. Dari soal desain, angle, pemilihan kata, interaktif di medsos, sampai mengemas event.

“Kuncinya, harus selalu fresh dan kekinian. Ini yang akan membuat pariwisata NTT mendunia,” pungkasnya.

Berikut daftar pemenang Lomba Blog/Vlog #ExoticNTT:

Lomba Vlog:

Indolines Pulau Rote Juara I
Viktor Missa Pantai Boiase Juara II
Ruang Dia Dari Langit Kopi Juara III

Lomba Blog:

Risma Dewi Puspita Menikmati Eksotis Pantai Mananga-Aba Juara I
Petrus Ola Keda Ritual Sakral Menyambut Air di Pulau Adonara Juara II
Simon Nany Gereja Batu Alam nan Exotic Juara III

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *