Kemenparekraf Dukung Sentra Vaksin di Toraja Utara

oleh -24 views

Toraja Utara – Setelah Tana Toraja kini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sentra vaksinasi COVID-19 yang digelar di Halaman Museum Pongtiku, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Senin (22/11/2021).

Sentra vaksinasi yang berlokasi di destinasi wisata Museum Pongtiku ini berlangsung selama tiga hari mulai 21 hingga 23 November 2021 dengan target 1.000 vaksin.

Masyarakat Toraja Utara sangat antusias dengan adanya Sentra Vaksin yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi serta kolaborasi antara TNI, POLRI, Enesis Group, Antis dan Homecare24.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan semangat kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan terapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat dimanapun dan kapanpun kita berada, karena pandemi harus terus kita tekan penyebarannya.

“Terima kasih mengapresiasi TNI Polri dan Bapak Bupati. Bahwa vaksinasi pertama di Toraja Utara sudah mencapai 61% untuk vaksinasi pertama dekat dengan nasional yang berada di 64,8%, yang membanggakan adalah vaksinasi kedua sudah 46.4 % diatas vaksinasi nasional.” Sandiaga Uno pada Senin (22/11/2021).

Tingginya tingkat vaksinasi di Toraja Utara menjadi era kebangkitan ekonomi nasional. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Mudah-mudahan ini bisa menopang Sulawesi Selatan yang masih tertinggal dari nasional, tapi Toraja Utara ini tingkat vaksinasinya sudah tinggi. Kita harapkan ini menjadi kebangkitan kepulihan ekonomi kita jika vaksinasi dan protokol kesehatan kita lakukan maka ekonomi bangkit, lapangan kerja terbuka, masyarakat sejahtera” Tambah Sandi.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu mengungkapkan Kemenparekraf sebagai perwakilan pemerintah selalu berusaha hadir di daerah sebagai wujud keberpihakan kepada masyarakat, dan kegiatan sentra vaksinasi ini merupakan salah satu wujudnya nyata dalam mendukung bangkitnya sektor parekraf.

“Komitmen Pariwisata Toraja Utara sangat kuat, setra vaksin hadir di Toraja Utara untuk membantu bangkitkan kembali semangat sektor parekraf” Ungkap Vinsen.

Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hengky Manurung mengungkapkan kolaborasi stakholder menjadi kunci suksesnya sentra vaksin hadir di destinasi wisata.

“Sampai hari ini sudah hampir 700.000 masyarakat yang tervaksinasi melalui sentra vaksin yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf yang tersebar di 82 lokasi di berbagai daerah.” Ujar Hengky

Direktur Pengembangan Destinasi II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan menyatakan percepatan vaksinasi di Toraja Utara merupakan langkah nyata yang harus dilakukan dalam kesiapan destinasi di masa pandemi COVID-19.

“Potensi pariwisata Toraja Utara sangat luar biasa, kesiapan protokol kesehatan di destinasi harus kita siapkan dan gencarkan untuk menyambut kembali wisatawan hadir di Toraja Utara”. Ungkap Wawan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapatkan donasi 250.000 Antis untuk Kabupaten Toraja Utara yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno kepada Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang didampingi Kadispar Toraja Utara, Yorry Lesawengan dan Kadis Kesehatan Toraja Utara Elizabeth R.Zakaria.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi untuk komitmen dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata telah menghadirkan sentra vaksin di Toraja Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk dukungan Sentra Vaksin yang diberikan Kemenparekraf, kami dari Pemda Toraja Utara pun sangat terbantu dengan kehadiran TNI Polri yang mensupport dan dukungan vaksin dilakukan TNI Polri ini yang membuat capaian vaksinasi di Toraja Utara tinggi yang dikerjakan oleh nakes kita.” Tutup Yohanis.

Selain Sentra Vaksin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan Daya Tarik Wisata Lolai – To’ Tombi, Negeri di atas awan serta visitasi Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara. Desa Wisata tersebut masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *