Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Ke Spanyol Ngapain?

oleh -989 views
oleh

JAKARTA – Nilai tawar dan komunikasi PSSI terhadap FIFA tampaknya menjadi salah satu isu dibalik kabar Piala Dunia U-20 ditunda. Kabar Piala Dunia U-20 2021 ditunda justru datang melalui media sosial dan media asing. Bukan melalui PSSI yang notabene member dari FIFA. Apalagi, Indonesia merupakan host gelaran Piala Dunia U-20 2021. Dalam porsi ini, PSSI seolah diabaikan FIFA. Mungkinkan nilai tawar PSSI kepada FIFA rendah karena format komunikasinya jelek?

“Sedih sekali, (ditundanya penyelenggaraan piala dunia u-20) ini menambah berita buruk bagi dunia sepakbola indonesia setelah kasus persipura dan lelang jabatan. Namun yang menjadi tambah miris dan memprihatinkan adalah, Publik tahu penundaan Piala Dunia U-20 justru dari media sosial. benar Piala Dunia U-20 ditunda, seharusnya ada pemberitahuan dahulu. Indonesia itu selaku host. Bukan bola liar (media release seperti ini), seperti ini,” ungkap Deputi Sekjen PSSI 2016 Budi Setiawan.

Apabila mengacu pemberitaan sejumlah media asing, Piala Dunia U-20 ditunda hingga 2023. Beberapa media tersebut diantaranya, ESPN dan RPP. Menariknya, media-media tersebut sudah mendapatkan konfirmasi dari FIFA. Penyebab utama ditundanya perhelatan event tersebut adalah pandemi Covid-19. Saat dikonfirmasi kebenaran informasi tersebut, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi meminta publik menunggu rilis resmi dari FIFA.

“Dan, jawaban PSSI lagi-lagi tidak memberikan rasa optimisme. Mirip kasus Persipura belum lama ini. Akan kami cek ke FIFA (berita ditundanya Piala Dunia U-20). Akan kami cek ke AFC (kasus Persipura). Kondisi ini menunjukan tidak adanya komunikasi intensif antara PSSI dengan FIFA,” tegas Budi yang saat ini menjabat sebagai Chief I’M Gen Z

Melihat kondisi terakhir PSSI, pemerintah tampaknya harus melihat kembali kebijakan subsidi anggaran Rp50,6 Miliar. Dana tersebut untuk membiayai aktivitas training Timnas U-19. Pencairannya dilakukan melalui Kemenpora. Rinciannya, pembiayaan 46 pemain, 7 orang pelatih, dan 8 tenaga pendukung. Lalu, komponennya ada honorarium, akomodasi-konsumsi, suplemen, transportasi, try out, hingga training camp luar negeri. Timnas U-19 rencananya akan berangkat untuk TC ke Spanyol pada hari sabtu (26/12)

“Menpora sekiranya perlu mempertimbangkan untuk segera mengerem anggaran Timnas U-19. Sebab, saat ini pelaksanaan Piala Dunia U-20 Sudah confirm ditunda, artinya persiapan tim saat ini menjadi mubazir. Mau ngapain ke Spanyol? Bagaimanapun, uang negara harus dipertanggungjawabkan,” tegas Budi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *