Pimpin 2 Periode, Airin Sukses Ubah Tangsel Jadi Smart City

oleh -81 views

TANGERANG SELATAN – Tangerang Selatan (Tangsel) telah tumbuh menjadi smart city. Wilayah ini sekarang memenuhi parameter utama seperti, smart government, smart live, smart living, smart people, dan smart mobility. Transformasi wajah tersebut tidak lepas dari tangan dingin Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Airin pun layak dipanggil dengan sebutan ‘Miss Smart City’.

Smart city menjadi dambaan banyak kota/kabupaten di wilayah Indonesia. Sebab, konsep smart city menjadi formulasi solusi problem wilayah. Memberikan manfaat positif bagi pemerintahan di daerah dan masyarakatnya. Untuk jadi smart city, syarat mendasar yang harus dipenuhi adalah pertumbuhan ekonomi yang baik. Infrastrukturnya terkoneksi dan menunjang mobilitas. Ada juga lingkungan hidup, kesehatan, dan pendidikan yang cakap.

Mengacu Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang 2019 pertumbuhan ekonomi Tangsel ada di grid 7,2%. Starata tertinggi di Indonesia. Berada jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional 5%. Lebih kompetitif, laju inflasi hanya berkisar 2,8%. Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta mengungkapkan, Airin menjadi faktor penentu keberhasilan pembangunan Tangsel dalam 10 tahun terakhir.

“Tangsel sudah menjadi smart city. Semua kriteria terkait smart city ada di Tangsel. Wilayah ini masuk ke kota bertaraf internasional. Dan, jadi smart city tentu tidak mudah. Butuh pemimpin berpengalaman dan profesional. Karakter ini menonjol pada Bu Airin. Kemajuan Tangsel memang tidak bisa lepas dari Bu Airin,” ungkap Anis yang juga eks dedengkot Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Seiring laju ekonominya, tingkat kesejahteraan masyarakat Tangsel semakin membaik. Berduet dengan Benyamin Davnie, Airin sukses menaikan kemampuan daya beli masyarakat Tangsel menjadi Rp14 Juta per Kapita. Anis menambahkan, Tangsel memiliki tahap perencanaan pembangunan yang bagus. Sebab, hasilnya positif dan nyata diantaranya dalam bentuk ekonomi, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

“Pekerjaan membangun sebuah kota baru tidaklah mudah. Butuh upaya dan komitmen yang sangat kuat. Apalagi, konsep pembangunannya adalah smart city. Tangsel beruntung sempat merasakan tangan dingin Bu Airin,” lanjut Anis.

Status smart city Tangsel pun kini terus berbuah pujian dari dalam dan mancanegara. Beberapa pujian yang diberikan kepada Tangsel adalah Kota Layak Anak, Kota Layak Pemuda, dan Kota Layak Huni. Semakin sehat, Tangsel mendapat predikat WTP dari BPK. Pujian ini diberikan sebagai respon BPK atas positifnya Laporan Keuangan Kota Tangsel.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *