Pimpinan OKP Nasional Berkumpul di Bogor, Persiapkan Sumpah Pemuda Jilid II

oleh -1,269 views
oleh

Bogor – Menyikapi kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini, puluhan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) berkumpul di Paledang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019), untuk mempersiapkan Sumpah Pemuda Jilid II. Ratusan pemuda turut hadir.

Kepada media, Koordinator Kongres Pemuda Jilid II sekaligus Ketua Umum Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) M Rafik Perkasa Alamsyah menyampaikan bahwa seluruh OKP lintas agama, suku, dan golongan akan menghadiri Sumpah Pemuda Jilid II.

“Sumpah Pemuda Jilid II insya Allah akan dihadiri oleh para pimpinan OKP nasional,” ujar Rafik didampingi Dian Asafri, M Harry Naldy, Gusti Rahmat, Aminullah Siagian, Indra Lesmana, Hendri Kurniawan, dan beberapa ketua umum OKP lainnya.

Menurut Rafik, menyikapi banyaknya konflik sosial saat ini yang mengakibatkan ancaman disintegrasi bangsa, pemuda harus hadir untuk kembali menghidupkan ruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

“Momentum ini kita ambil untuk menghidupkan kembali ruh Sumpah Pemuda 1928 bahwa ‘Kita Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Air Indonesia, Kita Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia, dan Kita Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia,” jelas Rafik.

Ketua Umum PP Himmah, Aminullah Siagian berharap rekonsiliasi nasional segera dilaksanakan jika ingin NKRI tetap ada.

“Gejala perpecahan sudah pada fase yang mengkhawatirkan. Kita akan merumuskan konsep strategis agar kondisi bangsa menjadi lebih baik,” tegasnya.

Menurut Aminullah, Kongres Pemuda Jilid II juga akan mempertegas Pancasila adalah satu-satunya dasar negara di NKRI.

“Founding fathers (bapak pendiri bangsa) sudah memutuskan Pancasila final sebagai dasar negara. Kita akan menolak semua rumusan terkait dasar negara selain Pancasila,” tegas Aminullah.

Salah satu panitia Kongres Pemuda Jilid II juga menyampaikan bahwa dalam kongres ini akan dirumuskan Sumpah Pemuda Jilid II dan Maklumat Paledang. Tim 17 telah dibentuk untuk menyusun rumusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *