Program Unggulan Heroaldi-Rubaety Sejahterakan Petani, Nelayan, dan UMKM Sambas

oleh -143 views

SAMBAS – Program unggulan disiapkan Paslon Bupati/Wakil Bupati Sambas Heroaldi Djuhardi Alwi-Rubaety Erlita siap menangkan suara masyarakat. Heroaldi-Rubaety sudah menyiapkan program kerja unggulan. Basicnya program ekonomi kerakyatan, muaranya kesejahteraan masyarakat Sambas secara menyeluruh.

“Kami sudah menyiapkan program-program unggulan untuk mensejahterakan masyarakat Sambas. Dari beberapa program terbaik, ekonomi kerakyatan tentu menjadi fokus Heroaldi-Rubaety. Kami yakin bisa mewujudkannya karena strategi teknisnya sudah ada,” ungkap Calon Bupati Sambas Heroaldi Djuhardi Alwi.

Ekonomi kerakyatan menjadi fokus Heroaldi Djuhardi. Sebab, potensi ekonomi kerakyatan di Sambas memang sangatlah besar. Hingga 2019, Sambas sudah memiliki 16.68 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdiri juga sekitar 380 koperasi dengan beragam jenis. Semakin kompetitif, potensi besar ini tersebar merata pada 19 kecamatan di Sambas, Kalimantan Barat.

“UMKM di Sambas sangat banyak dan terus tumbuh positif. Ada beragam produk kreatif yang mereka tawarkan. Sejauh ini sangat efektif mendatangkan income bagi keluarga. Kami tentu sudah siapkan cara dan strategi khusus untuk terus mengembangkan UMKM dan koperasi di Sambas,” terang Heroaldi.

Kesejahteraan masyarakat Sambas dijamin semakin merata. Heroaldi Djuhardi juga menjamin angka pertumbuhan pertanian dan nelayan. Untuk sektor pertanian, Sambas memiliki potensi lahan kompetitif. Pada 2017 saja, Sambas memiliki sawah dengan luas 57.113 Hektar dan Kebun Campuran sekitar 2.271 Hektar. Kekayaan lain, Hutan Lebat 164.078 Hektar dan 69.782 Hektar Hutan Belukar.

Dengan basic potensial tersebut, Sambas sukses melakukan ekspor ke Malaysia melalui pintu PLBN Aruk, Sambas, Kalimantan Barat. Sepanjang 2019, produk pertanian yang diekspor adalah 287 Ton Jeruk dan 58 Ton Buah Naga. Ada juga aliran Kelapa sebanyak 180 Ribu Butir, Nanas 37.956 Buah, hingga 35 Ton Petai.

“Bersama Heroaldi Djuhardi, kapasitas produksi pertanian akan ditingkatkan. Kesejahteraan dari petani akan menjadi prioritas. Yang jelas, sektor pertanian akan terus digenjot dengan beragam kemudahan dan kebijakan. Petani akan dipermudah mendapat akses permodalan dan sarana produksi pertanian,” jelas Heroaldi lagi.

Lebih lanjut, pengembangan juga menyasar sektor perikanan dengan obyek nelayan. Sektor ini sangat kompetitif sebagai penyumbang devisa dan pengatrol kesejahteraan nelayan. Sebab, komoditinya juga ikut diekspor ke Malaysia. Pada Desember 2019 saja, Sambas mengekspor 2,7 Ton Ubur-Ubur dengan nilai Rp 45 Juta. Ada juga aliran Rp 80 Juta dari transaksi 3,3 Ton Cumi-Cumi.

“Heroaldi Djuhardi akan memajukan seluruh potensi yang dimiliki Sambas. Untuk mendukung semua, kami akan menyempurnakan beragam infrastrukturnya. Untuk wilayah perbatasan akan terus dibangun agar maksimal mengalirkan devisa. Dengan program unggulan yang ditawarkannya, Heroaldi Djuhardi akan optimal mendulang suara di Pemilukada Serentak 2020,” tegas Heroaldi.

Memburu suara, Sambas saat ini memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 638.166 orang. Rinciannya, 427.926 pria dan wanita 210.240 Jiwa. Ketua DPD Golkar Kalimantan Barat Maman Abdurrahman pun memaparkan, mesin politik partai sangat siap memenangkan duet Heroaldi-Rubaety dalam Pemilukada Sambas 2020. Sebab, program Heroaldi-Rubaety lebih riil menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Kami siap memenangkan pasangan Heroaldi-Rubaety. Profil mereka sangat bagus. Heroaldi-Rubaety itu tipe pejuang dan pekerja keras. Sambas akan semakin maju kalau dipimpin oleh Heroaldi-Rubaety. Saat ini mesin politik partai terus bekerja untuk mendukungnya. Jadi, pastikan warga Sambas memilih Heroaldi-Rubaety dalam Pemilukada Sambas 2020 nanti,” papar Maman.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *