PTPN VIII Tanam 40 Ribu Pohon Hijaukan Areal Terdampak Banjir Bandang Gunung Mas Bogor

oleh -193 views

BOGOR – Gerakan penghijauan dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Pada kegiatan yang dinamakan “Pekan Penghijauan” itu PTPN VIII meyiapkan sebanyak 40 ribu bibit pohon untuk ditanam di sepanjang Sungai Cisampay di areal Kebun Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

 

Manager Agrowisata Gunung Mas PTPN VIII, Hikmat Eka Karyadi menjelaskan, Pekan Penghijauan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya PTPN VIII dalam penanganan mitigasi pasca-bencana banjir bandang yang terjadi di kawasan Kebun Gunung Mas 19 Januari 2021 lalu. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat, terutama di sekitar areal yang terkena dampak bencana banjir bandang.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat dan kondisi lingkungan sekitar yang terdampak bencana banjir bandang pada Januari lalu. Gerakan ini juga merupakan komitmen kami pada upaya mitigasi bencana di sekitar areal Gunung Mas,” tutur Eka, Rabu (17/2/2021).

 

Menurutnya, PTPN VIII berkomitmen penuh dalam menjaga kondisi lingkungan di areal perusahaan yang dikelolanya. Bagi perusahaan, Eka melanjutkan, keberlanjutan lingkungan hidup merupakan hal utama yang harus dikedepankan. “Keberlangsungan lingkungan hidup merupakan komitmen perusahaan. Maka, gerakan Pekan Penghijauan yang diwujudkan dengan penanaman pohon adalah bagian dari pengejawantahan komitmen tersebut,” kata Eka menjelaskan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh General Manager Wilayah II & Agrowisata PTPN VIII, Iwan Muliawansyah. Kegiatan ini, Iwan mengimbuhkan, merupakan sebuah langkah positif yang telah diambil oleh perusahaan untuk menyempurnakan ekosistem yang sudah ada agar lebih tertata dengan total penanaman pohon sebanyak sekitar 40.000 bibit dilakukan penanaman secara bertahap.

“Tahap pertama jumlah pohon yang ditanam pada kegiatan Pekan Penghijauan ini sebanyak 12.500 bibit pohon terdiri dari Pohon Eucalyptus, Rasamala, Huru Leueur, Suren, Salam, Africa, Manee, Manglid dan tanaman Vertifer. Tahap berikutnya penanaman dilanjutkan hingga menutupi bantaran Sungai Cisampay sepanjang 2.2 Km ke arah hulu,” ujar Iwan. Sementara bibit pohon tersebut dijelaskan Iwan diperoleh dari hasil kerja sama dengan PT Banyu Agung Perkasa dan PT Eigrindo Multi Produk Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Camat Cisarua, Deni Humaedi AS didampingi Kapolsek Cisarua, Kompol Supriyanto mengaku mendukung penuh upaya penghijauan yang dilakukan oleh PTPN VIII. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. “Kita apresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PTPN VIII ini. Ini merupakan langkah yang bagus dan harus selalu mendapatkan support oleh berbagai pihak dan dilakukan secara berkala di areal kebun Gunung Mas untuk menghijaukan kembali areal yang terdampak dan rawan terkena bencana,” kata camat diamini kapolsek.

Selain diikuti oleh pihak internal PTPN VIII, Pekan Penghijauan ini juga diikuti oleh perangkat desa setempat, Camat Cisarua, Kapolsek Kecamatan Cisarua, PT Banyu Agung Perkasa dan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango serta pihak lainnya dan para relawan.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *