Tangsel Terus Berdaya, Tekan Sebaran Covid-19 Melalui Kampung Tangguh Jaya

oleh -259 views

JAKARTA – Tangerang Selatan (Tangsel) semakin inovatif dalam menekan laju sebaran Covid-19. Di bawah orkestrasi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Tangsel membentuk program Kampung Tangguh. Lokasinya digulirkan di wilayah Serpong. Program ini menjadi sinergi solid seluruh elemen masyarakat Tangsel.

Secara umum program Kampung Tangguh Jaya memiliki 6 program besar. Sebut saja, kesehatan jasmani dan rohani. Ada juga ketangguhan secara sosial ekonomi, keamanan, dan edukasi. Sasaran lainnya berupa informasi dan kreativitas, hingga ketangguhan demokrasi. Keenam pilar tersebut dipercaya bisa menyeimbangkan harmoni tatanan masyarakat khususnya di wilayah Serpong.

Mengacu sebaran pandemi Covid-19, Serpong masuk zona merah sepanjang Maret-September 2020. Ada sekitar 358 warga di Serpong yang melakukan kontak erat dengan penderita Covid-19. Sementara itu, 225 jiwa lainnya dinyatakan suspect, 166 jiwa positif, 108 warga dinyatakan sembuh, lalu sebanyak 7 pasien meninggal dunia. Hanya saja, kasus baru positif Covid-19 turun menjadi 12 orang pada Desember 2020. Menariknya, 2 orang diantaranya sembuh dan nol kematian.

Dari zonasi Serpong, posisi rawan ada di lingkungan RW 02. Zonasi ini memiliki 8 RT. Jumlah riilnya mencapai 38 orang pasien positif Covid-19 sepanjang periode September 2020. Lebih lanjut, ada 26 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 4 nama meninggal dunia, dan 8 nama menjalani isolasi mandiri.

“Pada masa awal pandemi, RW 02 Serpong memang rawan Covid-19. Oleh alasan itu, program Kampung Tangguh Jaya digulirkan di sana. Hasilnya bagus, ada penurunan angka Covid-19 yang cukup signifikan,” tegas Kapolsek Serpong AKP Supriyanto.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *