Webinar, MOU Kampus Merdeka serta Aksinergi Nusantara di Rakornas GenPI 2021 Mandalika Lombok

oleh -3.540 views

Mandalika, Lombok – Tiga hari rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Generasi Pesona Indonesia (GenPI) tahun 2021 sukses digelar. Acara berlangsung 4 hari, dimana hari kedatangan dan kepulangan peserta di Jumat (12/11, 2021) dan Senin (15/11, 2021). Total 50 lebih peserta yang hadir dari kepengurusan GenPI Nasional, Provinsi, serta kabupaten/kota, mengikuti serangkaian acara Rakornas GenPI 2021 dengan lancar.

Tamu istimewa di rakornas tahun ini, kedatangan khusus Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda. Datang bersama Ketua GenPI Natuna, Kiki Firdaus, Wabup Natuna mengikuti semua rangkaian rakornas bersama-sama dengan semua peserta.

*Aksinergi Nusantara Di Welcome Dinner Hari Pertama Rakornas*

Tema Aksinergi Lintas Komunitas, melanjutkan ‘Guyub dan Sinergi Komunitas’ di rakornas tahun sebelumnya. Di Mandalika Lombok, peserta hadir pada Welcome Dinner mengenakan batik atau tenun khas daerahnya masing-masing. Kadispar Provinsi NTB Yusran Hadi hadir mengenakan batik keemasan. Taufan Rahmadi, staf khusus Menparekfraf, turut hadir dengan berbusana ‘Dodot’ khas Lombok. Demikian juga pengurus GenPI Lombok Sumbawa (LS), meramaikan dengan ‘Sapuq’ Lombok dan Sumbawa. Simbol dari aksinergi, menjadi keluarga besar GenPI yang komit dan konsisten mempromosikan pariwisata se-Indonesia.

*Webinar Nasional dan Aksinergi Tiga Regional GenPI di Puncak Rakornas 2021*

Di hari kedua, Sabtu (13/11, 2021), berlangsung rapat pengurus sehari penuh. Kegiatan di hari ini dilaksanakan secara hybrid. Dimana rangkaian acara, yang dimulai dengan Pembukaan, Welcoming Speech dan Webinar, berakhir sampai tepat tengah hari. Menparekraf, Sandiaga S. Uno, hadir secara online dan membuka resmi Rakornas GenPI 2021. Kadispar NTB kembali hadir langsung, kali ini mewakili Sambutan Tertulis Gubernur NTB Zulkiflimansyah.

Di sesi pembukaan ini pula, berlangsung penanda-tangan 3 MOU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa partner kolaborator. Tiga pihak yang menandatangi MOU bersama GenPI Nasional, yaitu IAIN Metro terkait Pengembangan dan Pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. MOU kedua bersama AELI (Asosiasi Experiensial Learning Indonesia) perihal program Informasi dan Konten Pariwisata yang akan dipromosikan secara nasional. MOU ketiga bersama FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) UIN Mataram terkait Pelaksanaan Program Magang Kampus Merdeka.

Usai seremoni pembukaan, Puncak Rakornas GenPI 2021 dilanjutkan dengan Webinar yang tetap berlangsung hybrid. Beberapa narsum menjadi speaker di webinar, diantaranya: Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf RI, ), Ir. Martini Mohamad Paham dengan materi Kolaborasi Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf dan Komunitas Melalui Integrated Content Managemen System/ICMS. Wakil Bupati, Rodhial Huda dengan materi Keterbukaan Informasi Pariwisata Untuk Mendukung Indonesia Maju. Branding and Tourism Expert, Rizanto Binol yang menyampaikan materi Peran Komunitas Dalam Mendorong Brand Equity Wonderful Indonesia.

Sisa hari dilanjutkan dengan rapat tertutup peserta offline. Point-point hasil rapat, kemudian dibacakan GenPI Nasional di pukul 8 malam.

*Famtrip ke Pertamina Mandalika International Street Circuit*

Familization Trip (Famtrip) menjadi aktifitas utama hari ke-3, Minggu (14/11, 2021). Desa Wisata Ende di kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dikunjungi sebagai destinasi pertama, juga karena lokasinya yang searah ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Sebagian race dari Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) menjadi agenda utama famtrip. Meski akhirnya berakhir masygul, karena mendadak dibatalkan saat semua peserta rakornas sudah masuk dan duduk menunggu di tribun penonton. Bagaimanapun, euphoria merasakan langsung proses menonton balap, ber-swa foto di beberapa titik ikonik sirkuit Mandalika, tetap memberikan kesan dan kenangan tersendiri bagi sebagian besar pengurus GenPI se-Indonesia.

Farewell Dinner sebagai penutup resmi rangkaian rakornas, berlangsung di Sate Rembige Goyang Lidah. Dua Pembina GenPI Nasional menyampaikan sambutan, yakni Andre J. O. Sumual dan Heru Mataya. Sebagian pengurus GenPI provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia juga memberikan kesan-kesan mereka selama mengikuti rakornas.

Senin (15/11, 2021), akhirnya tiba juga di hari kepulangan. Meski masih ada GenPI yang extend, melanjutkan trip ke destinasi-destinasi wisata terbaik Lombok. GenPI Toli-Toli misalnya, menargetkan trip Puncak Anjani Rinjani di 3726 mdpl, usai mengikuti rakornas. Perjalanan jauh mereka melewati laut, menjadi contoh bahwa Mandalika Lombok memang bisa diakses dengan semua pilihan jalur transportasi.

Askinergi GenPI, gas poll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *