10 Kuliner Klaten Yang Wajib Dicoba Saat Libur Lebaran

oleh -1.254 views

SUARAJATIM.CO.ID– Klaten adalah kota kecil yang terletak diantara Solo dan Jogja. Lokasinya yang strategis, membuat Klaten semakin terkenal. Tak terkecuali kulinernya.

Kota ini mempunyai #PesonaKulinerLebaran2018 yang tak kalah menarik untuk disambangi dalam #PesonaMudik2018. Beragam kuliner lezat siap melepas rindu pemudik yang datang ke Kota Klaten.

“Sebagai kota kecil yang diapit Solo dan Yogyakarta, Klaten ternyata memiliki warisan kuliner yang begitu lezat. Mulai dari kudapannya, menu utama, hingga oleh-oleh yang bisa di bawa pulang kembali ke kota perantauan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (30/5).

Maka, siapkan diri Anda untuk mengenal lebih dalam setiap sudut Kota Klaten lewat kekayaan cita rasa kulinernya. Berikut ada #Top10PesonaKulinerLebaranKlaten yang layak buat kamu makan saat pulang kampung ke Klaten. Sehingga #PesonaMudik2018 Anda makin berwarna di Klaten.

1. Kue Kepelan

Kepelan adalah sebuah kudapan nikmat asli Pedan yang wajib untuk dicicipi. Makanan ringan dari Desa Keden, Kecamatan Pedan ini terbuat dari tepung gandum yang dibumbui bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Bentuknya sendiri bulat dengan cita rasa gurih yang mendominasi. Biasanya kepelan ini dimakan dengan cocolan saus selagi masih hangat.

Kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke Pedan untuk mencari camilan lezat ini. Karena di daerah alun-alun Klaten sudah banyak pedagang yang menjual kepelan. Tunggu apa lagi? Saatnya Anda mencoba camilan yang murah dan mengenyangkan ini!

2. Ayam Panggang Klaten Ny. Anggraini

Kuliner yang satu ini adalah sebuah kekayaan kuliner khas Klaten yang kaya akan bumbu areh dengan cita rasa gurih manis.Terdapat beberapa ayam panggang yang terkenal dan legendaris di Klaten. Salah satunya Ny. Anggraini di Jl.Rajawali No 113.

Bumbu areh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah Jawa dan santan, serta dimasak dengan cara diungkep ini membuat cita rasa ayam panggang Klaten yang gurih manis ini begitu khas.

Terlebih lagi ayam panggang ini dinikmati dengan nasi putih selagi masih panas dan sambal pedas, membuat nikmat di lidah.

3. Sop Ayam Pak Min

Siapa yang tak mengenal sop ayam pecok Klaten dengan cita rasanya begitu gurih. Sop Ayam Pak Min menjadi kuliner primadona di setiap sudut kota Klaten. Jadi tidak heran kalau Pak Min sudah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia. Ada berbagai macam jenis sop ayam yang ditawarkan seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam.

Berbeda dengan sop pada umumnya, sop ayam ini tidak menggunakan bumbu jahe dan santan. Sop ayam asli Klaten menggunakan ayam kampung sebagai kaldunya, dengan kuahnya yang begitu bening. Sop ayam ini juga sangat enak dinikmati dengan ditemani lauk pauk yang tersedia seperti tempe, tahu, dan perkedel.

4. Nasi Tumpang Lethok

Setelah mencoba sop ayam, kuliner selanjutnya yang harus dicoba adalah nasi tumpang lethok. Kuliner khas Klaten ini bisa kita jumpai di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga daerah perlimaan Bramen di pagi hari. Salah satunya yang menyediakan nasi tumpang lethok adalah warungnya Mbak Riyanti.

Cobalah Anda memesan nasi tumpang lethok istimewa komplit untuk mengobati rasa penasaranmu soal cita rasanya. Menu kuliner ini disajikan dengan kurapan gudangan daun pepaya, bayem, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta koyor. Dijamin begitu mantap di lidah karena menggunakan berbagai bumbu yang khas!

5. Sate Kambing Pak Suli

Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki warung sate andalan, tidak terkecuali kota Klaten. Untuk anda pengagum sate kambing, waktunya mencicipi sate kambing paling enak di Klaten yakni sate kambing Pak Suli. Tempatnya ada di depan kantor Pertanahan Klaten.

Sate kambing Pak Suli memiliki struktur daging yang begitu empuk serta lezat di lidah. Tidak heran bila beberapa orang yang menyenanginya. Warung makan ini buka mulai jam 16. 30 WIB sampai satenya habis.

6. Soto Bebek dan Bebek Bacem Klaten

Kuliner ini merupakan menu kuliner yang wajib di coba ketika berada di daerah Karanglo, Gondang, Klaten. Di sepanjang jalan raya Yogyakarta-Solo banyak dijumpai deretan warung soto bebek. Salah satu warung soto bebek yang paling legendaris adalah milik Bu Siswo yang sudah berdiri sejak 1953.

Warungnya yang tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun ini, juga menyediakan bebek bacem pertama di Klaten. Tak hanya disajikan dengan bacem goreng, melainkan juga dibakar, membuat sensasi cita rasa sendiri.

7. Swike Bu Reso

Buat kalian yang menyukai kuliner berbahan daging kodok montok, maka perlu mampir ke warung swike Bu Reso. Warung ini letaknya di belakang Plasa Matahari atau belakang BRI Pasar Klaten, tepatnya di Karangduwet, Mojayan. Warung Bu Reso menyediakan berbagai olahan kodok dengan berbagai rempah-rempah dan bumbu yang begitu nikmat. Menunya antara lain swike goreng tepung, swike nyemek, swike kuah, dan telur swike goreng.

8. Bakmi Miroso

Tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi Bakmi Miroso Klaten yang legendaris itu. Bakmi Miroso ini merupakan rumah makan chinese food yang terkenal akan cita rasanya begitu lezat.

Letaknya tak jauh dari alun-alun Klaten, namun posisinya berada di dalam kampung sehingga agak susah dicari orang yang pertama kali datang. Semua masakan chinese food tersedia di sana, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit.

Dijamin semua masakan yang ada di daftar menu begitu nikmat dengan gaya khas kuliner chinese food-nya!

9. Angkringan/HIK

Di Klaten, warung tenda sederhana yang menyediakan nasi kucing dengan segala lauk pauknya sering disebut angkringan maupun hik. Memang angkringan dipelopori oleh orang Cawas, Klaten yakni Mbah Pairo hingga akhirnya terkenal di Yogyakarta sampai sekarang dengan sebutan angkringan Lik Man yang merupakan putranya sendiri.

Salah satu angkringan populer di Klaten adalah angkringan Jumali di daerah Sekarsuli Jl. Mayor Kusmanto. Nasi kucingnya yang berisikan bandeng dan sambel disajikan di atas piring, dengan berbagai lauk pauk yang nikmat. Terlebih lagi nasinya masih hangat dengan sambalnya yang pedas membuat kita lahap menyantapnya.

10. Keripik Cakar, Belut, dan Paru

Puas berwisata kuliner, saatnya membeli oleh-oleh bagi teman-teman di kota perantauan. Ada beberapa produk kuliner Klaten yang bisa kamu jadikan oleh-oleh seperti keripik cakar, belut, dan paru. Lezatnya keripik cakar, belut, dan paru Bu Mangun yang terletak di jalan Rajawali, Gg Latarputih 15, Bareng, Klaten bisa menjadi pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *