10 Tempat Kuliner Khas Demak Yang Bisa Dikunjungi Kala Lebaran

oleh -1.502 views

SUARAJATIM.CO.ID– Bila kalian punya rencana mudik ke Demak, atau kebetulan sedang lewat, tidak ada salahnya mampir ke Kota Wali ini. Sebab, ada kuliner khas Demak yang harus dinikmati.

“Dalam perkembangan kerajaan Islam, Demak adalah yang terbesar. Maka tak perlu khawatir soal kehalalan kuliner di sini. Ditambah lagi makanan makanan yang di sajikan erat kaitannya dengan Islam. #PesonaMudik2018 akan semakin lengkap dengan mencicipi #PesonaKulinerLebaran2018Demak,” kata Menpar Arief Yahya, Minggu (3/6).

Ingin tahu apa saja kuliner khas Demak? Berikut #10TopKulinerLebaran Demak yang siap menemani libur Lebaran Anda.

1. Rumah Makan Rahayu Demak

Rumah makan ini ada di Jalan Patah 41 A Demak. Tepat disekitar Alun-alun Masjid Raya Demak. Rumah makan ini punya sajian daging sapi yang berkuah segar dan bisa bikin lidah bergoyang. Namun tidak cuma sajian asem-asem aja, ada varian menu lainnya tidak kalah nikmatnya.

2. Warung Ndeso Sarwo Eco demak

Salah satu restoran yang jenis masakannya komplit. Khususnya makanan khas Jawa. Seafood alias makanan dari hasil olahan ikan laut, sampai dengan yang modern tersaji disini. Lokasinya persis di depan terminal Kota Demak. Tempat ini pun selalu ramai dikunjungi wisatawan.

3. Warung Jajar Demak

Warung Jajar merupakan salah satu tempat untuk menjajal kuliner Garang Asem. Selain garang asem, ada juga pecel lele yang menjadi kuliner andalan khas Kota Wali. Warung makan Jajar yang juga berada di jalan utama kota Wali menyediakan beraneka ragam masakan Jawa yang lezat dan harganya terjangkau.

4. Ayam Bakar Salju Demak

Jika menginginkan masakan ayam tapi tidak dalam bentuk kremesan, bisa coba ayam bakar salju. Konon, resepnya diimpor langsung dari bumi Parahyangan.

5. Warung Makan Rukini/Warung Pink Demak

Selain menawarkan menu yang komplit, seperti cumi, kepiting, dan lain lain. Warung Makan Rukini adalah favorit para pelancong. Karena warung makan pink ini terkenal enak dan sangat murah. Wajib anda coba saat berkunjung ke Kota Demak.

6. Asem-Asem Daging Demak

Makanan ini terkenal dengan rasa yang gurih, asem, pedas, segar. Menu masakan ini berbahan dasar daging sapi. Sebenarnya asem-asem ini banyak dibuat sebagai olahan masakan keluarga sehari-hari, namun ditangan rumah makan Rahayu dekat Masjid Agung dan Alun-alun Demak masakan asem-asem ini sungguh luar biasa. Lokasi wisata kuliner yang satu ini tepatnya di Jl. Raden Fatah No.41 Demak.

7. Nasi Ndoreng

Wisata kuliner yang satu ini juga cukup membuat menggiurkan, bahan dasar dari olahan masakan ini adalah nasi, sayuran dan botok. Cara pembuatannya juga unik yaitu dengan mencampurkan sayur mayur tadi dengan parutan bumbu kelapa, jika anda tau urap, atau gudangan, bentuknya hampir mirip seperti itu. Banyak sekali warung makan di demak yang menjajakan makanan nasi Ndoreng terutama pada pagi hari.

8. Wedang Pekak

Kuliner berikutnya diambil dari bahan minuman yang bernama wedang pekak. Minuman ini sangat tradisional karena memiliki bahan-bahan yang tradisional pula diantaranya jahe, gula jawa, gula pasir, serai, dan kayu manis. minuman ini biasanya disajikan ketika ada acara-acara khusus di kota Demak.

9. Swikee Entog

Bisa ditebak dari namanya ini adalah penggabungan dari daging entog dan kuah swikee. Maskan khas ini dapat anda temukan dan cicipi di Jl lingkar Wonosalam Demak. Dengan bumbu khas jawa akan menambah lidah anda merasa puas ketika merasakan kuah dan daging dari masakan Swikee Entog tersebut.

10. Kerang Godog/Goreng

Salah satu makanan yang banyak dijumpai ketika kalian melewati kota demak adalah kerang goreng atau godog. Di daerah alun-alun kota Demak banyak sekali yang menjajakan makanan berbahan kerang tersebut. Untuk memndapatkan 1 porsi kerang anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *