14 Sampan Beradu Cepat di Festival Danau Sentarum 2018

oleh -1.206 views

SUARAJATIM.CO.ID– Sebanyak 14 sampan dari 6 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, beradu cepat di Danau Sentarum, Kalimantan Barat, Minggu (28/10). 6 Kecamatan itu adalah Silat Hilir, Suhaid, Selimbau, Embaloh Hilir, Putussibau Utara, dan Putussibau Selatan.

Lomba sampan yang digelar Minggu (28/10), adalah babak semifinal. Empat tim yang bersaing adalah Regu Silat Hilir berpacu dengan Regu Suhaid, dan Putussibau Selatan berpacu dengan Embaloh Hilir.

Atraksi yang menjadi bagian dari Festival Danau Sentarum 2018, sukses menghibur masyarakat dan wisatawan. Terlebih saat mendekati garis finish. Teriakan para pendukung tim semakin kencang.

“Lomba sampan ini diadakan di Pulau Sepandan. Tempat ini dipilih karena kami ingin lebih mengenalkan pulau ini di level nasional, syukur lagi kalau bisa menyebar ke mancanegara,” ujar Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Kapuas Hulu, Khoiruddin, di sela-sela Perlombaan.

Dijelaskannya, Pulau Sepandan jaraknya dekat dari Lanjak. Atau, hanya memerlukan waktu 15 menit dengan speedboat yang banyak disewakan.

Selain Sepandan, ada pulau lain yang tidak begitu jauh dan sering dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara. Namanya, Pulau Melayu. Jaraknya hanya sekitar 5 menit dari Pulau Sepandan, dengan menggunakan speedboat.

Sedangkan yang agak jauh, adalah Pulau Tekenang. Di tempat ini, kita bisa melihat panorama luasnya Danau Sentarum dari ketinggian bukit di tengah pulau. Tersedia homestay bagi yang ingin menginap dan menikmati suasana matahari terbit atau tenggelam di sini.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauzi, Danau Santarum sangat eksotis. “Tidak kalah indah jika dibandingkan dengan danau-danau lainndi Indonesia. Dan, Sentarum ini nuansanya sangat khas bumi Kalimantan. Sangat alamiah dan indah,” tutur Ricky.

Dijelaskannya, Festival Danau Sentarum sangat tepat untuk menaikkan destinasi ini. “Dengan beragam atraksi, Danau Sentarum harus bisa menarik wisatawan. Itulah yang kita harapkan,” sambung Ricky lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengingatkan agar Danau Sentarum diperkuat dengan unsur 3A, atraksi, amenitas, dan aksesibilitas.

“Kekuatan utama pariwisata adalah 3A. Kalau ingin sebuah destinasi semakin memiliki nilai, maka perkuat unsur itu. Berikan akses yang mudah kepada wisatawan untuk mencapai destinasi. Siapkan amenitas atau penginapan, dan suguhkan atraksi berkualitas agar wisatawan betah,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *