2018, Jumlah Penumpang AP II Capai 115 Juta Orang

oleh -1,226 views
oleh

SUARAJATIM.CO.ID- Jumlah penumpang di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (AP II) meningkat. Sepanjang 2018, AP II telah melayani 115 juta penumpang. Atau naik 9,5% dibandingkan periode tahun 2017 sebanyak 105 penumpang.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, ada beberapa faktor yang memicu pertumbuhan ini. Pertama, tahun 2018 AP II memang meningkatkan layanan. Kedua, AP II mengelola beberapa bandara baru yang tersebar di Indonesia. Seperti Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat, Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya dan Bandara Banyuwangi Jawa Timur. Total AP II telah mengelola 16 Bandara di seluruh wilayah Indonesia.

“Pada tahun 2019 juga rencananya akan mengelola 3 Bandara lainnya melalui Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara yaitu Bandar Udara Raden Inten Lampung, Bandar Udara Fatmawati yang berlokasi di Bengkulu serta Bandar Udara Tanjung Pandang di Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Awaluddin, Selasa (1/1).

Ketiga, lanjut Awaluddin, peningkatan infrastruktur bandara juga terus dilakukan. Seperti di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan Pembangunan East-Cross Taxiway yang rencananya akan dioperasikan pada kuartal pertama 2019.

“Revitalisasi Terminal 1 serta Terminal 2 yang akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga menjadi 22 juta penumpang per tahunnya,” kata Awaluddin.

Pria yang akrab disapa Awal ini menambahkan, pembangunan Terminal 4 yang diproyeksi mampu menambah kapasitas penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga 115 juta penumpang pertahunnya. Pembangunan Runway 3 dan juga Pembangunan Cargo Village.

“AP II juga akan melakukan strategic partnership untuk pengembangan kawasan Bandara Kualamanu yang nanti akan dijadikan HUB bagian barat Indonesia. Lalu ada pembangunan Business Hub di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, serta perluasan terminal maupun airside di bandara-bandara cabang lainnya yang dikelola oleh AP II,” jelas Awal.

Menyongsong tahun 2019, lanjut Awal, AP II mengusung tema “Go Global”. Tema ini mengaplikasikan 3 strategi bisnis, yaitu “Go Internasional, Go Digital, dan Go Excellence”.

“Hal ini sejalan dengan RJPP tahun 2019 yang mengedepankan “Global Partnership & Innovation”. Maksud Go Global disini adalah AP II optimis mampu menunjukkan kiprah positifnya dalam mengelola bandara,” tuturnya.

Tidak hanya mampu berbicara dalam skala nasional, AP II juga berencana untuk lebih mendunia. Hal ini dikarenakan AP II melihat kesempatan yang terbuka luas untuk mengelola bandara di negara lain.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan pujian kepada AP II. Menurutnya, berbagai program wisata memperlihatkan AP II atraktif menggenjot pariwisata.

Selain itu, AP II juga bersemangat besar mengimplementasikan sederetan promosi wisata di Indonesia. Di belasan bandara, yang dikelolanya, BUMN ini menggelar berbagai event yang mempertontonkan atraksi seni dan budaya.

“Karena itu juga kami telah bekerjasama dengan Angkasa Pura II untuk membuka pusat layanan informasi bagi turis yang berkunjung ke Indonesia. Terima kasih Angkasa Pura II yang telah melayani wisatawan dengan baik selama ini,” ujar Menpar Arief Yahya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *