Aceh Siapkan 100 Atraksi Terbaik

oleh -632 views

SUARAJATIM.CO.ID, BANDA ACEH – Provinsi Aceh siap menjaring banyak wisatawan di tahun 2019 ini. Kesiapan dibuktikan dengan diluncurkannya Calendar of Events (CoE) Aceh 2019. Bermaterikan 100 atraksi terbaik, event-event ini tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh Jamaluddin mengatakan, kegiatan pariwisata tersebut digelar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Baik nusantara maupun mancanegara.

“Ke-100 kegiatan tersebut terangkum dalam Calendar of Event (CoE) Aceh 2019 yang akan diluncurkan Menteri Pariwisata di Jakarta, pada Maret mendatang,” kata Jamaluddin di Banda Aceh, Senin (25/2).

Kegiatan pariwisata tersebut tidak hanya memperkenalkan ragam budaya, pesona Aceh, dan lainnya, tetapi juga keunikan serta atraksi maupun kearifan lokal masyarakat.

Dari 100 kegiatan tersebut, 10 diantaranya masuk dalam kalender utama di Aceh. Serta tiga lainnya masuk dalam 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Yang pertama ada Aceh Culinary Festival yang akan dihelat di Banda Aceh, 5-7 Juli 2019. Yang kedua ada Aceh International Diving Festival yang dilaksanakan di Sabang, 6-7 Oktober 2019. Serta Saman Gayo Alas Festival yang akan dilaksanakan di Blangkejeren, 18 Agustus 2019.

Sedangkan lainnya seperti Festival Ramadhan yang digelar di Banda Aceh, Mei 2019, Pulau Banyak International Festival, Juli 2019, Festival Danau Lut Tawar, Agustus 2019, Festival Rapai di Bireuen, Agustus 2019. Kemudian, Apam Fair di Pidie, Pesona Langsa Gemilang, Festival Mi Aceh, Festival Pesona Aceh Selatan, Aceh Sumatera Expo, Festival Permainan Tradisional Aceh, serta lainnya.

Sepanjang tahun 2018, Disbudpar Aceh mencatat sebanyak 2,4 juta wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke Aceh. Tahun ini melalui berbagai event, pemerintah ingin mendatangkan lebih dari 3 juta wisatawan ke Aceh.

“Semakin banyak kegiatan berskala nasional dan internasional akan semakin baik perkembangan sektor pariwisata di Aceh. Tahun ini ada 100 event, tahun depan kami berupaya lebih banyak lagi,” ujar Jamaluddin.

Support besar pun diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya atas semangat tinggi pariwisata Aceh. Dengan segala kelebihannya Menpar yakin pariwisata Aceh akan semakin diperhitungkan. Apalagi marketnya sangat jelas dengan branding wisata halal yang dimiliki.

“Aceh memiliki potensi besar untuk menjadi pusat kawasan wisata halal. Hal itu dikarenakan syarat penunjang seperti sarana dan prasarana serta pelayanan wisata halal yang ada di Aceh mayoritas semuanya telah terpenuhi. Dengan adanya CoE ini akan semakin membuat wisatawan tertarik untuk datang dan berwisata di Aceh. Dukungan akan terus kami berikan,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *