Alhamdulillah, Pesona Khazanah Ramadhan Kembali Digelar di NTB

oleh -548 views

MATARAM – Anda punya rencana liburan saat bulan suci Ramadhan nanti? Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menjadi pilihan. Apalagi, akan ada event Pesona Khazanah Ramadhan 2019 yang digelar 8-25 Mei 2019. Acara akan dipusatkan di Islamic Center NTB, Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, NTB

Beragam kegiatan akan meramaikan Pesona Khazanah Ramadhan tahun 2019 ini. Yang pasti akan lebih meriah karena termasuk dalam 100 atraksi wisata terbaik Indonesia 2019. Di sini akan ada pameran, bazar, lomba fotografi, bedah buku, kerajinan tangan, table top Islami, dan pameran seni budaya Islam.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, NTB adalah salah satu destinasi wisata terbaik bagi Anda traveler muslim yang ingin melakukan perjalanan wisata pada bulan puasa. Sebagai salah satu tujuan wisata halal di Indonesia, NTB merupakan tujuan ideal yang menjanjikan pengalaman menarik, terlebih saat bulan Ramadhan tiba.

“Selama bulan puasa Ramadlan, pesona wisata NTB akan dimeriahkan oleh kegiatan tahunan, yakni Khazanah Ramadhan. Di situ banyak sekali event yang bermanfaat bagi travelers Muslim,” ujar Rizki, Minggu (31/3).

Event Pesona Khazanah Ramadhan sendiri merupakan salah satu atraksi wisata yang masuk dalam “100 Calendar of Events 2019” yang dirilis Kementerian Pariwisata. Event NTB lain yang juga masuk dalam daftar tersebut, diantaranya Pesona Bau Nyale dan Festival Moyo.

Selama bulan Ramadhan, Pesona Khazanah Ramadhan juga akan menghadirkan para Imam Besar dari 4 negara Timur Tengah.

Melalui kegiatan ini diharapkan umat Islam yang berasal dari seluruh Indonesia maupun mancanegara, khususnya Asia akan hadir di NTB. Bisa menjalankan Ibadah yang lebih baik dan lebih khusyuk selama bulan puasa Ramadhan.

“Acara Khazanah Ramadhan ini bisa menjadi alternatif serta daya tarik bagi umat Islam untuk memaknai Ramadhan dengan penuh arti. Di samping itu, event ini juga bisa menjadi ajang silaturahim antar umat,” kata Rizki.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku gembira Pemprov NTB memanfaatkan momen Bulan Ramadhan untuk menarik wisatawan. Menpar mengungkapkan, jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) selama Ramadhan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bahkan penurunannya mencapai 50 persen.

“Kalau kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus) tidak ada masalah. Meski Ramadhan tidak banyak Wisnus yang berwisata, namun bakal melonjak pada saat Lebaran. Ini berbeda dengan kunjungan Wisman. Saat Ramadhan wisman yang berkunjung ke Indonesia turun hingga 50 persen,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar juga menekankan poin penting mengenai kebersihan di destinasi, karena kebersihan itu sebagian dari iman.

“Hanya saja, di level internasional tingkat kebersihan negara kita masih kalah dari negara-negara lain, maka harus kita tekankan poin kebersihan ini. Di TTCI ranking kebersihan masuk dalam kategori health and hygiene, kita ada di ranking 108 dari 136 negara,” kata Menpar Arief Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *