Asik, Danau Toba Punya Internet Gratis

oleh -803 views

SUARAJATIM.CO.ID, Danau Toba – Wisatawan dipastikan akan semakin nyaman berwisata di Danau Toba. Khususnya, di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut). Alasannya, Kabupaten Humbahas telah meyediakan fasilitas akses internet gratis bagi wisatawan.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Humbahas, Ferdinan Sitinjak, fasilitas ini disediakan untuk memberikan pelayanan komunikasi bagi wisatawan sekaligus mempermudah promosi pariwisata Danau Toba.

“Saat ini ada 9 titik akses internet gratis yang tersebar di Kecamatan Baktiraja dan Kecamatan Paranginan. Fasilitas ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Humbahas. Diharapkan dengan fasilitas ini wisatawan makin nyaman sekaligus membantu promosi pariwisata kita,” ujar Ferdinan, Selasa (22/1).

Menurut Ferdinan keberadaan fasilitas internet gratis tersebut sejalan dengan strategi Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Pasalnya Kemenpar sedang membidik pangsa pasar kaum milenial. Selain itu, kaum milenieal juga menjadi motor promosi destinasi paling aktif. Khususnya bagi pengguna media sosial.

“Kalau untuk Humbahas masih hanya sekitar Danau Toba yang ada internet gratis. Karena Danau Toba merupakan destinasi yang memiliki daya tarik lebih,” jelasnya.

Ferdinan merinci di kawasan Baktira ada delapan titik internet gratis. Diantaranya di kawasan Istana Sisingamangaraja, di Air Terjun Janji, dan beberapa situs sejarah lainnya. Sementara di Kecamatan Paranginan ada di kawasan Sipinsur. Kawasan ini merupakan dataran tinggi terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

“Dampak dari publikasi pengunjung ini sangat besar. Salah satu adalah naiknya kunjungan wisata. Jadi jika wisatawan semakin mudah mendapat akses komunikasi, tentunya akan semakin meningkatkan promosi destinasinya,” ungkap Ferdinan.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Regional I Kemenpar, Lokot Ahmad Enda mengatakan bahwa pemberian fasilitas internet gratis tersebut sangat tepat. Dengan fasilitas tersebut kenyamanan wisatawan akan semakin meningkat. Terlebih bagi wisatwan milenial yang tidak bisa lepas dari internet.

“Saat ini internet jadi kebutuhan vital. Kehadiran internet gratis akan semakin menaikan value destinasi Danau Toba. Wisatawan senang selfie lalu menguploadnya di media sosial. Kondisi seperti ini harus direspons cepat. Kalau akses komunikasi mudah dan gratis, wisatwan akan semakin banyak menyambangi Danau Toba,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menyambut baik inovasi tersebut. Mantan Dirut Telkom itu menyebut dengan inisiatif ini diharapkan program-program prioritas dan strategi pengembangan kepariwisataan yang dicanangkan bisa cepat di upgrade ke level yang lebih tinggi.

“Saya berkeyakinan bahwa hanya dengan cara yang tidak biasa, kita bisa mendapatkan hasil yang luar biasa! Dan cara yang luar biasa itu adalah digital. Medianya melakui generasi milenial lewat media sosial. Ingat yang cepat memakan yang lambat, bukan yang besar memakan yang kecil,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *