Asyiknya Lebaran di Bojonegoro

oleh -1.113 views

SUARAJATIM.CO.ID-Lebaran adalah momen paling dinanti. Waktunya berkumpul sekaligus bermaaf-maafan bersama kluarga di kampung halaman. Momen #PesonaMudik2018 ini juga bisa kamu manfaatka untuk jalan-jalan loh. Apa lagi libur lebaran ini panjang banget. Puas-puasin denh mengeksplor #PesonaDestinasiLebaran2018 di tempat kamu masing-masing.

Kamu yang mudik ke Bojonegoro beruntung loh. Pasalnya tempat ini memiliki pariwisata yang penuh sensasi. Selain panorama alamnya yang super kece, Bojonegoro juga kaya akan destinasi wisata budaya yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Menteri Patiwisata aja mengakui pariwisata Bojonegoro top banget. Seperti daerah lain di Indonesia, Bojonegoro memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.”Jika Anda berlibur Lebaran di Bojonegoro, ada beberapa lokasi yang perlu Anda kunjungi,” begitu ujar Menpar.

Mau terima ajakan Pak Arief Yahya untuk mengeksplor wisata di Bojonegoro? Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 wajib kamu kunjungi.

Waduk Pacal

Dibangun tahun 1924, Waduk Pacal adalah salah satu peninggalan Belanda di Bojonegoro. Lokasinya mudah banget diakses karena berada di pinggir jalan yang menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dan Nganjuk. Dari Pusat kota Bojonegoro, jaraknya sekitar 35 km. Kamu yang hobi mancing, ini tempatnya. Sembari menunggu umpanmu disambar ikan-ikan yang hidup di waduk tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar waduk yang asri. Tempat ini juga cocok banget buat pikinik bersama keluarga, loh.

Kayangan Api

Ini adalah destinasi wisata populer di Bojonegoro. Obyeknya berupa api abadi yang nggak pernah padam. Api Kayangan ini ini berlokasi di desa Sendangharjo, kec. Ngasem, Bojonegoro. Tahu nggak guys, Kayangan Api ini juga merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara loh.

Ada kepercayaan di kalangan masyarakat setempat terkait api abadi ini. Konon, Kayangan Api ini dulunya adalah lokasi membuat pusaka seorang pandai besi berasal dari kerajaan Majapahit. Namanya Mbah Kriyo Kusumo atau Mpu Supa atau biasa disebut Mbah Pandhe.

Air Terjun Krondonan

Perjalanan menuju Air Terjun Krondonan memang sedikit melelahkan, guys. Tapi tunggu sampai kamu sudah sampai di sana. Dijamin lelah kamu luruh semuanya. Air tejun yang punya nama lain Kedung Supit ini menawarkan suasana alam yang mendamaikan, loh guys. Suara gemercik air dijamin akan membuat kamu rileks.

Air Terjun Krondonan ini berlokasi di Desa Krondonan Kec. Gondang, Bojonegoro. Untuk mencapainya kamu harus melewati setapak di tengah hutan jati.

Wisata Wana Tirta Dander

Ini adalah tempat paling nge-hits di Bojonegoro. Bila libur, tempat ini selalu penuh pengunjung. Fasilitasnya lengkap. Dari kolam renang hingga lapangan golf. Oh, ya, di sini ada benda unik loh guys. Sebuah pesawat tempur F-86 Sabre No. TS-8609 buatan Belanda yang pernah jatuh di taman wisata ini. Pasti kamu akan makin kece bila berfoto dengan pesawat ini sebagai latarnya.

Museum Rajekwesi

Mau lihat sisa-sisa kehidupan hewan-hewan purbakala yang pernah menjejaki bumi? Datang saja ke tempat ini. Di museum ini ada fosil kepala gajah raksasa loh guys.

Museum ini pada awalnya merupakan kantor biasa yang  menampung benda benda bersejarah temuan warga. Namun seiring berjalannya waktu, bangunan ini kemudian difungsikan sebagai sebuah museum. 

Klenteng Hok Swie Bio

Tempat peribadatan umat Tridharma ini juga menarik buat dikunjungi. Arsitekturnya yang unik membuatnya menjadi salah satu bangunan paling terkenal di Bojonegoro. Seperti Klenteng pada umumnya, bangunan ini didominasi warna merah. Ornamen paling penting yang ada di situ adalah kepala naga..

Agrowisata Kebun Belimbing

Coba sambangi Desa Ngeringinrejo, Kec. Kalitidu. Di situ ada destinasi wisata perkebunan yang asyik banget. Di situ kamu bisa meliha buah belimbing berukuran jumbo. Oh ya, Belimbing sendiri merupakan ikon Bojonegoro loh.

Kebun ini mengembangkan varietas Belimbing Madu. Asyiknya di tempat itu kamu bisa makan belimbing sepuasnya. Gratis lagi.

Air Terjun Kedungmaor

Air Terjun Kedungmaor merupakan berada di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Lokasinya di kawasan hutan RPH (Resort Pemangkuaan Hutan) Tretes, Bojonegoro. Jaraknya sekitar 40 km ke arah selatan dari pusat kota. Tempatnya adem dan asri. Sudah pasti bikin pikiran jadi rileks.

Masjid Al Birru Pertiwi

Bila mudik ke Bojonegoro jangan lupa wisata rohani, guys. Destinasinya adalah Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro. Ini adalah sebuah Masjid berkubah emas yang berlokasi di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kab. Bojonegoro. Masjid Al Birru Pertiwi ini dibangun oleh keluarga besar Santosa dan terletak di pingir jalan raya Bojonegoro – Nganjuk tepatnya 13 KM selatan Kota Bojonegoro.

Negeri Atas Angin

Mau lihat hamparan awan selembut kapas yang menggantung di pucuk-pucuk pepohonan? Negeri Atas Angin adalah tempatnya. Jangan lupa menaiki bukit cinta yang ada di tempat itu, guys. Kamu bisa  berselfie ria di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *