Ayo Nikmati Kuliner Bandung saat Mudik

oleh -403 views

JAKARTA – Mengisi libur Lebaran di Bandung tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner lezatnya. Daerah berudara sejuk ini memiliki beberapa sajian kuliner khas yang lezat dan wajib Anda cicipi. Sehingga #PesonaMudik2019 Anda semakin lengkap.

“Selain terkenal dengan destinasinya yang menarik, Bandung juga memiliki segudang makanan khas yang mampu menggoyang lidah. Udaranya yang sejuk menambah sensasi wisata kuliner di Bandung. Jadi jangan dilewatkan #PesonaKulinerLebaran2019Bandung biar liburannya lengkap,” kata Menpar Arief Yahya, Minggu (5/5).

Langsung saja, berikut ini ulasan #10TopPesonaKulinerLebaranBandung yang patut anda coba saat libur Lebaran ke Bandung, Jawa Barat.

1. Baso Sapi Cihampelas

Paling enak memang jika menikmati hangatnya semangkuk bakso di tengah dinginnya cuaca Bandung. Apalgi di Bandung banyak betebaran warung bakso yang nikmat. Salah satu yang paling terkenal adalah Baso Sapi Cihampelas.

Saking terkenalnya di Google review tentang warung bakso ini sangat banyak. Bahkan banyak yang telah menjadi langganan warung bakso ini sejak tahun 80-an. Pilihannya banyak. Harganya dijamin gak menguras kantong.
Baksonya pun dijamin bebas pengawet. Jadi jangan lupa mampir menikmati Baso Sapi Cihampelas jika berwisata ke Bandung.

2. Iga Bakar Si Jangkung
Menikmati kuliner di Kota Bandung tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kelezatan Iga Bakar Si Jangkung. Berlokasi di Jalan Cipaganti No 75B, tempat makan yang satu ini sangat mudah dijumpai karena terletak di tepi jalan utama. Dindingnya yang didominasi warna cat hijau, begitu unik ketika Anda melintasi area tersebut.

Satu porsi Iga Bakar Si Jangkung dijual dengan harga Rp40.000. Berbeda dari iga bakar di tempat lain, warung tenda milik Bapak Haryanto ini menyajikan iga bakar yang memiliki cita rasa rempah yang kuat sehingga tidak berbau. Tenang saja, daging iga bakarnya pun sangat empuk karena sudah melalui proses memasak yang cukup lama. Tertarik mencoba? Iga Bakar Si Jangkung ini mulai beroperasi pukul 12:00 – 23:00 setiap hari.

3. Lotek Mahmud
Lotek itu identik dengan kuliner semacam gado-gado yang ada di Jogja. Kelezatannya sudah tidak diragukan. Nah di Bandung pun ada warung lotek legendaris. Namanya Lotek Mahmud. Iya, tempat yang satu ini emang cukup terkenal di Kota Bandung.

Menunya pun beragam. Warung ini tidak hanya menyajikan lotek, tetapi kuliner lainnya. Ada Gado gado, Nasi Rames, Nasi Lengko, Nasi Bakut, Nasi Bakmoy, Rujak Uleg, Rujak Cuka, Rujak Banci, Tahu Petis, dan masih banyak lagi.

Menu minumannya pun juga tak kalah menggoda. Ada Es Kolak, Es Campur, Es Cincau, Es Cendol, Es Buah, banyak deh. Ada the tawar gratis juga yang disediakan oleh Lotek Mahmud . Berbagai menu minumannya tentu pas banget disajikan bareng menu makanan yang ada di Lotek Mahmud ini. Banyak kan menu kulinernya. Semua dipilih sesuai selera. Pas banget kalau ngajakin keluarga kesini.

4. Warung Lela

Warung Lela atau yang juga populer dengan nama Wale ini berada di area perumahan Ranca Kendal, tepatnya di Jalan Kupa No 6. Dilihat dari luar, bangunan warung ini cukup menarik perhatian sebab berbentuk rumah tradisional Jawa. Sekelilingnya dihiasi tiang yang terbuat dari kayu-kayu besar dilengkapi beragam ornamen yang juga berbahan kayu.

Menu andalan di sini berupa aneka bakmi, namun yang wajib Anda coba adalah Yamin Manis Baso yang begitu menggugah selera. Dijual seharga Rp23.000 per porsi, Anda akan mendapatkan satu mangkuk mi berwarna coklat pekat dilengkapi daging ayam suwir dan taburan daun bawang. Kuah berisi tiga buah bakso dan dua buah bakso tahu diletakkan secara terpisah sehingga Anda bisa mencampurkannya sendiri sesuai selera

5. Nasi Bancakan

Berbeda dari kebanyakan rumah makan pada umumnya, di Nasi Bancakan Anda bisa bebas memilih beragam hidangan sesuai dengan selera. Tercatat ada lebih dari 50 varian menu khas Sunda yang disajikan di sini. Terletak tak jauh dari Gedung Sate, tepatnya di Jalan Trunojoyo No 62, Nasi Bancakan pun tak pernah sepi pembeli.

Dengan desain interior kental suasana pedesaan Parahyangan, Anda pun bisa menikmati makanan dengan nyaman dan tenang. Harga rata-rata makanan dan minuman di sini pun hanya berkisar di angka Rp80.000 untuk makan dua orang. Terjangkau, bukan?

6. Wiki Koffie

Inilah salah satu lokasi tongkrongan warga bandung penikmat kopi, berupa sebuah cafe dengan nuansa yang sangat unik, venue ala zaman belanda di Wiki Koffie di Jalan Braga No 90 kota Bandung.

Tempatnya cozzy abis. Tampak di depan, jendela bangunan yang besar menjadi sekat bagi pengunjung cafe yang ingin bersantai menikmati minuman kopi dan aneka makanan di dalam ruangan sambil menikmati suasana Jalan Braga.

Masuk ke dalam, maka kita akan menyaksikan interior di cafe Wiki Kaffie ini bernuansa retro namun minimalis, dengan sentuhan beberapa pajangan lukisan-lukisan kopi.

Berbagai kopi pilihan dapat wisatawan nikmati di caffe ini. Bukan saja kopi dari Indonesia tetapi juga kopi dari berbagai negara. Selain minuman kopi, anda juga bisa menikmati jenis minuman enak lainnya yang terbuat dari bahan teh. Minuman lemon tea atau ice green thai tea adalah beberapa minuman terpopuler buruan pengunjung yang berkunjung ke cafe ini, selain minuman cokelat serta smoothies.

Nah untuk makanannya juga sangat menarik. Berbagai kudapan serta makanan berat tersedia di tempat ini. Baik itu kuliner nusantara maupun ala western

7. Sama Dengan

Bandung memang terkenal dengan coffe shopnya yang unik-unik dan keren abis. Salah satunynya Sama Dengan Coffee. Coffee shop ini terletak di dalam mall Cihampelas Walk. Suasananya cozy banget, seolah-olah kamu sedang berada di taman dengan banyaknya pot tanaman gantung.

Kamu bisa menikmati main course seperti beef burger, cordon bleu, nasi goreng, nasi bakar, dan sebagainya. Seperti namanya, Sama Dengan Coffee menekankan pada kopinya yang beragam, mulai dari espresso hingga mochaccino dengan rasa yang khas.

8. Batagor dan Baso Cuanki

Nah kuliner yang satu ini wisatawan sudah pasti tau. Kuliner yang menjadi menu wajib wisatawan jika berkunjung ke Bandung. Baksonya nikmat. Sepintas mirip bakso Malang. Sangat pas dinikmati di Bandung yang bercuaca sejuk.

Batagor pun demikian. Kuliner yang satu ini juga sangat digemari. Apalagi perpaduan bumbu kacangnya yang gurih dan nikmat. Di Bandung tidaklah sulit menemukan kedua kuliner ini. Dari kelas kaki lima sampai kelas kafe ada di Bandung.

9. Warunk Upnormal

Warunk Upnormal sendiri sebenarnya adalah sebuah warung yang konsep awalnya sama dengan warung-warung di Bandung lainnya yaitu warung kopi dan indomie. Namun warung ini menjual sesuatu yang berbeda, selain aneka kreasi makanan mie dan minuman kopi, di sini anda bisa menikmati aneka roti bakar hingga susu murni.

Tidak hanya itu, yang menjadikan tempat ini menjadi lokasi buruan pengunjung sehingga selalu ramai setiap waktunya adalah tempat ini adalah tempat nongkrong favorit millenial Bandung. Karena selain makan dan minum, di sini pun kita akan bisa menikmati fasilitas internet gratis ( Free wifi ), bermain kartu dan Uno. So pasti urusan update medsos jadi lebih lancar karena wifi gratisnya.

10. Warung Setiabudi

Nongkrong dan bersantai dengan rekan kuliah ataupun dengan keluarga paling pas di waroeng surabi setiabudhi. warung surabi yang terletak di Jalan Setiabudhi No. 175 kota Bandung ini memang paling berbeda dan istimewa. Selain karena varian rasanya yang lengkap, rasanya yang enak, tempatnya yang nyaman, juga harganya yang sangat terjangkau. Karena di warung ini berkonsep murah, enak dan banyak.Sehingga membuat warung ini tidak pernah sepi pengunjung.

Warung surabi ini menyajikan 52 macam inovasi surabi. Surabi dengan rasa manis dan asin mulai dari yang tradisional hingga modern dibandrol dengan harga Rp. 4.000,- hingga Rp. 13.000,-.perporsinya. Sementara itu surabi yang menjadi favorit diantaranya yaitu surabi Telor Ayam Mayonaise. Menu ini rasanya gurih dan asin dengan pasta telor, ayam dan mayonaise yang dipisah dengan saosnya.

Warung surabi yang berlantai berlantai dua ini menggunakan konsep dengan nuansa modern yang didominasi oleh material kayu. Dilantai bawah terdapat fasilitas live music dimulai dari pukul 19:30 sampai pukul 00.00 malam dan dilantai atas terdapat mushola, sehinga menambah kenyamanan tersendiri bagi pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *