Bandung, Surga Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Saat Lebaran

oleh -1.682 views

SUARAJATIM.CO.ID– Berbicara mengenai kuliner, susah rasanya untuk tidak menyebut Kota Bandung. Yup, ibukota Provinsi Jawa Barat ini adalah surganya kuliner nusantara. #PesonaKulinerLebaran2018 di Kota Bandung, masuk dalam daftar wajib dikunjungi saat Lebaran nanti.

“Kota Bandung adalah surganya kuliner di Indonesia. Bandung tidak hanya kaya akan kuliner, tapi orang-orangnya pun sangat inovatif. Tak heran jika terobosan baru bidang kuliner kerap berawal dari sini,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (30/5).

Kekayaan kuliner ini juga yang membuat Kementerian Pariwisata memproyeksikan Kota Bandung menjadi destinasi kuliner di Indonesia. Selain Ubud, Bali.

“Kuliner yang dimiliki Bandung bisa menjadi acuan untuk kota lain. Karena kemasan dan inovasinya luar biasa. Bandung sangat saya rekomendasikan untuk didatangi saat Lebaran nanti. Buktikan sendiri kenikmatan kuliner di Bandung,” tutur Menpar.

Memilih lokasi kuliner yang difavoritkan di Bandung pun tidak mudah. Karena semuanya memiliki kualitas. Tapi, untuk pegangan kalian yang ingin ke Bandung, berikut #Top10KulinerLebaran2018 di Kota Kembang versi TripAdvisor. Jangan sampai dilewatan ya.

1. Iga Bakar Si Jangkung

Nama Iga Bakar Si Jangkung sudah tidak asing di Bandung. Rasanya juara. Hal ini membuat Iga Bakar Si Jangkung berada di puncak list TripAdvisor. Ada dua jenis iga yang bisa kamu pilih. Yaitu sapi atau kambing.

Olahan daging itu dipotong-potong diberi kecap dan dibakar dengan mangkuk berbahan tanah. Rasanya maknyus. Dijamin bikin liur meleleh. Dagingnya empuk, mudah dikunyah dan nggak bau. Pokoknya juara deh. Menu ini disajikan saat masih panas. Jadi harus hati-hati makannya ya guys.

Selain iga bakar, ada menu lain yang bisa dicoba. Namanya Kresengan. Sekilas mirip gulai kambing. Tapi kuahnya lebih padat, sehingga dimulut lebih maknyus rasanya. Kalau kamu ingi merasakan kenikmatan Iga Bakar Si jangkung, bisa merapat ke Jl. Cipaganti No. 75 G.

2. Warung Lela

Di Bandung, tepatnya di daerah Rancah Kendal, Dago Bandung Utara, ada sebuah tempat bernama Warung Lela. Tempat ini cozy banget guys. Jadi wajar jika TripAdvisor menempatkan dalam 10 list teratas. Nuansanya minimalis modern dengan sentuhan ornamen tradisional Jawa. Pokoknya asyik deh jadi tempat hangout bareng keluarga saat liburan lebaran.

Kulinernya pun dijamin enak. Ada dua menu utama yang ditawarkan di Warung Lela. Yang pertama Mie Ayam Jamur Baso. Mie ayam gurih ini dipadukan dengan potongan-potongan daging ayam besar. Bumbunya pun meresap sempurna. Tambahan jamurnya juga memberikan sensasi manis yang pas. Sementara rasa renyah bisa kamu dapatkan dari sayur sawi yang direbus setengah matang.

Menu andalan berikutnya adalah Yamien Baso. Ada dua varian yang ditawarkan, yang asin dan manis. Tinggal pilih sesuai selera kamu. Yang jelas keduanya memiliki rasa yang juara.

3. Warung Kopi Purnama

Mau ngerasain enaknya kopi tubruk yang Indonesia banget? Atau kopi dengan campuran telur di dalamnya? Warung Kopi Purnama tempatnya. Di Bandung, nama ini sangat legendaris. Sudah ada di kota itu sejak 1930. Lokasinya di Jl. Alkateri No. 22 Bandung.

Sajian kopi di sini mantap. Ada beberapa varian yang bisa dicoba. Kopi tubruk dengan rasa yang sederhana, kopi susu yang manis dan menyenangkan atau susu telur yang rasanya unik. Kalau kamu nggak suka kopi, tenang saja. Karena, masih ada minuman lain. Selain itu, ada juga kudapan yang bisa menggugah selera. Seperti lumpia goreng, roti telur sosis, atau roti srikaya.

4. Bakmoy Mahmud

Bakmoy Mahmud boleh saja masuk kategori makanan kaki lima. Tapi kalau udah masuk top lost Trip Advisor, berarti cita rasanya nggak usah diragukan lagi.

Bakmoy Mahmud adalah nasi yang berisi potongan-potongan daging kecil. Ada juga potongan tahu bentuk dadu yang disiram dengan tauco. Tampilannya memang relatif simpel. Namun, manisnya kuah tauco dan gurihnya daging, ditambah kelembutan tahu dan nasi putih, dijamin membuat kamu jatuh hati.

Kamu yang ingin merasakan enaknya Nasi Bakmoy Bandung bisa datang ke Jl Mahmud Iv 9 Rt 007/05, Bandung.

5. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Ini bukan judul lagu, guys. Tapi nama tempat makan. Keunikannya bukan hanya nama gerai saja. Tapi juga kulinernya. Namun rasanya pasti juara. Jadi layak disambangi saat libur lebaran nanti.

Kamu yang vegetarian atau hanya mau makan jenis makanan tanpa MSG, di sini tempatnya. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir memiliki banyak pilihan makanan. Kita bisa mengombinasikannya sendiri. Karena, gerai makanan ini mengusung konsep prasmanan. Pilihan sayurnya banyak dan sudah pasti menyehatkan.

Tidak hanya vegetarian, kalian yang tipe pemakan ‘segalanya’ juga bisa datang ke sini. Ada sate-satean dengan beberapa pilihan bumbu. Tapi kamu nggak bakal menyangka kalau itu sebenarnya bukan daging sungguhan. Melainkan daging berbahan vegan. Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir ada di Jalan Pajajaran No 63, Pasir Kaliki Cicendo, Bandung.

6. Armor Kopi

Minum kopi paling enak kalau sambil memandangi alam yang asri. Konsep itulah yang ditawarkan Armor Kopi. Ada tiga jenis kopi yang ditawarkan di tempat ini, yakni Robusta, Arabika dan Liberica yang tentu saja dengan varian-varian turunannya. Tapi disarankan untuk memesan French Pres dan V60. Keduanya adalah andala di Armor Kopi.

Ngopi tanpa ngemil itu nggak keren. Kopi Armor juga mengerti. Makanya beragam jenis kudapan disediakan. Namanya juga unik bin ajaib. Ada pishang gowreng, Bitterballen, bala-bala, Cabe-cabean si engkong, Choco pudding dingin, ibu-ibu sauna, cyirweng Rujak sauyunan, risolinda dan masih banyak yang lainnya.

Mau ngopi asyik di Armor Kopi? Sambangi saja tempatnya di Jl.Ir H.Juanda. Tepatnya di Taman Hutan Raya Bandung.

7. Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi O’om

Dari namanya saja udah ketahuan ini adalah menu tradisional. Tapi, cita rasanya unik, enak, dan bikin kangen. Resto ini tampil sederhana. Sajiannya adalah beragam kuliner khas Sunda. Ada nasi liwet, nasi timbel, abon, paru, tahu Bandung, pindang bandeng, ayam goreng, sayur asem, aneka pepes ikan dan daging ada perkedel.

Ada juga beberapa kuliner yang tidak terlalu familiar namun tetap saja enak. Seperti gejos cabe hejo, tumis lember, dan tumis suung. Untuk minumannya, kamu bisa pesan es kopi nyereng, jus terong, es goyobod, bandrek hingga es cingcaw.

Kalau ke Bandung, jangan lupa kunjungi restoran ini yah. Lokasinya di Jl. Trunojoyo No.62 Bandung.

8. Tahu Lembang

Salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan jika sedang Lebaran di Bandung adalah Tahu Lembang. Menu andalannya adalah tahu susu. Rasanya sudah pasti lebih gurih dari pada tahu kebanyakan. Itu karena ada tambahan susu sapi di dalamnya. Harganya juga murah. Hanya dengan Rp 10 ribu saja, kamu bisa dapat 12 buah tahu matang yang enaknya nggak nggak usah diragukan.

Jika kamu ingin merasakan gurihnya tahu susu, datang saja di ke Jl. Lembang No. 112. Istimewanya, di pusat tahu lembang yang bentuknya menyerupai SPBU, kamu nggak hanya mendapatkan tahu. Ada olahan berbahan dasar tahu lain yang cita rasanya nggak kalah enak. Beberapa di antaranya adalah tahu mendoan, lontong kupat tahu, batagor. Ada juga susu kedelai yang tentu saja menyehatkan.

9. Bakso Cuanki

Ke Bandung tapi nggak makan Bakso Cuanki? Wah, jangan sampai deh. Ini kuliner khas Bandung loh guys. Bakso cuanki berbeda dengan bakso pada umumnya. Isinya terdiri dari bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay. Kuah cuanki tidak menggunakan kaldu daging, melainkan rebusan tulang ikan. Rasanya boleh minimalis. Tapi ada kenikmatan di dalam kesederhanaan itu. Makanya TripAdvisor memasukkanya dalam top list.

Jika ingin merasakan Bakso Cuanki yang top, disarankan untuk ke Bakso Cuanki dan Batagor Serayu. Adanya di Jl. Serayu, bandung.

10. Warunk Upnormal

Liburan Lebaran di Bandung jangan lupa mampir ke tempat nongkrong yang kekinian. Apa lagi kalau bukan Warunk Upnormal. Berada di Jalan Cihampelas No 56A, Bandung, tempat makan ini selalu ramai. Kebanyakan yang nongkrong adalah anak muda. Wajar sih, konsep gerainya memang jaman now banget. Minimalis namun modern banget.

Menunya macam-macam. Tinggal pilih sesuai selera kamu. Andalannya adalah Indomie dengan beragam topping yang mennggiurkan. Ada juga beragam jenis kopi, roti, dan menu lainnya yang dijual dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *