Batik Tarakan Diperkenalkan Dalam Iraw Tengkayu 2019

oleh -136 views

TARAKAN – Event Iraw Tengkayu 2019, 1-30 Desember 2019, menjadi ajang memperkenalkan Batik Tarakan. Motifnya beragam. Inspirasinya diambilkan dari kekayaan flora dan fauna Kota Tarakan. Warna batik diambil dari tanaman endemik wilayah berjuluk Paguntaka.

Walikota Tarakan Khairul menerangkan, wisatawan bisa memilih Batik Tarakan sebagai cenderamata Iraw Tengkayu 2019.

“Iraw Tengkayu menawarkan banyak sisi eksotis Tarakan, seperti Batik Tarakan yang memiliki motif indah dan khas. Sangat berbeda dengan motif batik di Kalimantan pada umumnya. Produknya juga mudah ditemui di Tarakan, apalagi sepanjang event. Kami rekomendasikan Batik Tarakan sebagai oleh-oleh dari Iraw Tengkayu,” terang Khairul, Kamis (12/12).

Batik Tarakan memiliki 27 motif. Yang menjadi favorit antara lain motif Sungkul Baloy, Mangrove, Buah Terap, Pakis Pesisir, hingga Pakis Enggang.

“Batik Tarakan mengalami perkembangan yang bagus. Ragam motifnya semakin variatif. Semua motif dikembangkan dari alam sekitar di Tarakan. Wilayah ini memang memberikan beragam kekayaan alam yang melimpah,” katanya lagi.

Dari sisi warna, Batik Tarakan menggunakan beragam daun, kulit, buah, dan akan tanaman yang banyak tumbuh di Tarakan. Seperti Kulit Bakau, Pohon Mangga, dan Mahoni. Ada juga Daun Ketapang ditambah beragam dedaunan yang bisa menghasilkan beragam warna alami. Limbah Kulit Jengkol pun bisa diekstrak jadi pewarna.

“Batik Tarakan terkenal unik. Warnanya cerah dengan corak yang menarik. Melalui event Iraw Tengkayu 2019, Batik Tarakan mendapatkan porsi branding yang ideal. Publik semakin mengenal karya kreatif ini. Kami optimistis, Batik Tarakan akan mendapatkan pangsa pasar yang semakin luas,” ungkap Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenparekraf Esthy Reko Astuty.

Batik Tarakan sudah merambah pasar Malaysia. Batik ini juga pernah tampil di Jakarta Fashion Week 2016 silam. Waktu itu, motif batik yang ditampilkannya adalah Pakis Asia. Ada juga kombinasi motif Batik Tarakan-D’ertenya.

“Tarakan memang menawarkan beragam experience. Selain kemeriahan event Iraw Tengkayu, ada juga Batik Tarakan yang populer. Batik ini menarik dan sudah merambah pasar mencanegara. Yang pasti, saat berkunjung ke Iraw Tengkayu dan wilayah lain di Tarakan, jangan lupa membeli batik ini,” tutup Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *