Cari Wisata Adventure? Ke Lombok Aja

oleh -1,626 views
oleh

SUARAJATIM.CO.ID– Ada oleh-oleh keren dari Sales Mission NTB di Hotel Pullman G, Bangkok, Thailand, Rabu (14/11). Pasar Thailand digoda dengan kebiasaan ttraveller Negeri Gajah Putih. Fokusnya, mengarah ke wisata adventure.
“Mayoritas traveller Thailand suka adventure. Dan kebetulan Lombok punya destinasi seperti itu,” tutur Sekretaris Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata I Kemenpar Edy Wardoyo, Rabu (14/11).

Pasar Thailand suka adventure? Apa tidak mengada-ada? Datanya valid? Bisa dipertanggungjawabkan?

“Rekam jejaknya ada. Saat gempa mengguncang Lombok, ada 300 wisatawan Thailand yang masih berada di Rinjani. Artinya, karakter traveller Thailand sangat suka dengan adventure,” tambahnya yang diamini Florida Pardosi, Kabid Promosi untuk Singapura dan Thailand Kemenpar.

Tak ada ketakutan yang melanda traveller Thailand saat itu. Maklum, evakuasi pemerintah Indonesia sangat bagus. Semua traveller Thailand selamat. Diinapkan di hotel yang representatif. Bahkan saat itu, para traveller Thailand menyempatkan diri untuk nge-vlog sambil mengucapkan Wonderful Indonesia bersama anak-anak Generasi Pesona Indonesia. “Semua mengucapkannya dengan tulus. Mengucapkannya sambil tersenyum dan tertawa,” paparnya.

Lantas destinasi apa yang ditawarkan untuk market yang sangat suka tantangan ini?

“Yang pertama pasti Rinjani. Nanti bisa dikolaborasikan dengan wisata pantai di Gili, Senggigi, sampai Mandalika,” timpal Florida Pardosi, Kabid Promosi untuk Singapura dan Thailand Kemenpar.

Dicky Komar, Kepala Perwakilan KBRI di Bangkok langsung mengangkat emoji tiga jempol. Jurus penjualan yang menyentuh karakter traveller Thailand dinilai sangat pas dengan selera pasar. “Ini bagus. Banyak anak muda Thailand yang sangat suka adventure. Selama ada tantangannya, paket apapun pasti mereka ambil,” tutur Dicky.

Respon buyers Thailand juga lumayan oke. Phattaan Boonjong, Sales Business NS Travel and Tours, mengaku sangat tertarik. Yang ditawarkan 16 sellers NTB di Sales Missiin Thailand disebut bisa diterima 50 buyers Negeri Gajah Putih.

“Banyak produk bagus. Saya kira ini bisa booming mengingat Lombok juha bisa dijangkau dengan durasi singkat,” terang Phattaan.

Menpar Arief Yahya juga tak mau ketinggalan berkomentar. Cara menyentuh pasar Thailand dinilai sangat pas. “Kenali Dunia, Kenali Musuhmu, dan Kenali Pelangganmu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Kita harus tahu profil pasar Thailand secara demografis, psikografis, dan perilakunya. Kita harus tahu preferensi mereka saat berwisata,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *