Cilegon Juga Punya Kuliner Andalan Saat Lebaran

oleh -1.086 views

SUARAJATIM.CO.ID– Jika ada kota yang sibuk saat #PesonaMudik2018, salah satunya pasti Cilegon. Kota di Provinsi Banten ini, adalah pintu gerbang Pulau Jawa. Karena memiliki pelabuhan sibuk, Merak. Namun, Cilegon juga memiliki #PesonaKulinerLebaran2018 yang bisa dinikmati. Dengan rasa yang akan menggoda pastinya.

“Kalau saat mudik dan lebaran nanti kalian terkena kepadatan lalu lintas, mampir di Cilegon dan menikmati kulinernya adalah pilihan terbaik. Sebagai pintu gerbang Pulau Jawa, Cilegon memiliki kuliner lezat yang wajib untuk disinggahi,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (30/5).

Cilegon memang memiliki aneka kuliner yang bisa menggoda selera. Strategisnya posisi Cilegon, membuat potensi kulinernya pun bisa andalkan. “Tidak perlu terlalu lama dibicarakan. Buktikan saja sendiri. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta,” sambung Menpar.

Inilah #Top10KulinerLebaran2018 di Cilegon versi TripAdvisor. Yang pasti, lokasinya recommended.

1. Bebek & Ayam Goreng Pa Ndut

Konsep yang ditawarkan Bebek & Ayam Goreng Pa Ndut adalah semioutdoor. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari. Karena pemandangan yang ditawarkan sangat keren. Tapi, jangan juga melewatkan makanannya yang lezat.

Menu andalan Bebek & Ayam Goreng Pa Ndut bisa ditebak. Yaitu aneka kuliner ayam dan bebek. Seperti ayam dan bebek goreng. Atau bisa juga dipenyet dengan sambal bawang atau sambal ijo. Yang tidak kalah unik adalah nasinya.

Selain nasi putih dan uduk, yang ditawarkan adalah nasi ijo. Sebagai menu pendukung, ada cah kangkung, tempe mendoan, tempe dan tahu. Bebek & Ayam Goreng Pa Ndut berada di Kompleks Perumahan GM KS Blok F2 No 24, Cilegon.

2. Rumah Makan Bu Entin

Buat pecinta seafood, rumah makan ini cukup direkomendasikan. Sebab, sajian seafood lezat menjadi menu utamanya. Ada sate udang, sate cumi, atau ikan bakar yang disajikan layaknya sate. Ada juga teri pedas dan lainnya.

Namun, salah satu yang digemari dari tempat ini adalah otak-otak bakarnya yang sangat lezat. Kudapan ini menjadi favorit sebagian besar pengunjung.

Lokasi Rumah Makan Bu Entin ada di Jalan Raya Serang-Pandeglang Km 4. Rumah makan ini cocok untuk dikunjungi dengan keluarga.

3. Nasi Gonjleng

Namanya mungkin tidak familiar. Kuliner ini hampir sama dengan nasi kebuli. Nasi Gonjleng disajikan dengan suwiran ayam atau daging. Kuliner ini khas Kota Cilegon. Tak heran jika penjual Nasi Gonjleng bisa ditemui di sudut kota.

Namun, yang paling direkomendasikan adalah pedagang di Jalan RS Kartini No 2, CiIegon. Tidak hanya lezat. Ditempat ini Nasi Gonjleng juga disajikan lengkap dengan menu lain seperti ayam bakar.

4. Top Ten Ramen

Bagi pecinta kuliner Jepang, Top Ten Ramen yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No 62 paling direkomendasikan. Ramen di tempat ini dikenal nikmat. Apalagi dengan kuah soup, miso, shoju, dan tom yum.

Namun, yang sangat direkomendasikan oleh pengunjung Top Ten Ramen the shoju soup. Yang juga menjadi pilihan adalah Okonimiyaki, dan tentunya Takoyaki. Akan semakin sempurna dengan minuman caffee latte.

5. Sate Asmawi

Sate adalah salah satu kuliner yang paling dinikmati di Indonesia. Tak heran jika hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki kuliner ini. Termasuk juga di Kota Cilegon.

Di Asmawi, kuliner satenya sangat lengkap. Ada sate, ayam, sate sapi, kambing, juga ati. Tidak hanya satenya, tempat ini juga memiliki sop yang sangat lengkap. Ada sop ayam, kambing, sapi, bebek, kikil, buntut, juga sop iga.

Untuk rasa, jangan pernah diragukan. Tempat ini selalu ramai. Kalau tidak percaya datang saja sendiri ke Simpang Tiga Cilegon.

6. Sate Cilegon

Lokasi kuliner selanjutnya adalah Sate Cilegon. Tempat kuliner ini sangat legendaris di Cilegon. Posisinya ada di Sulten Ageng Tirtayasa No 143.

Sate jelas menjadi menu andalannya. Tapi, Sate Cilegon juga menjual kuliner lain yang tidak kalah enaknya. Ada karedok yang sering dijadikan teman menyantap sate. Ada juga empal gentong yang sangat diminati di Cilegon.

7. A Mi Rang

Resto yang ada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 3 ini, menjual masalah Jepang dan Korea sebagai sajian utamanya. Namun, masakan Indonesia tetap ada di dalamnya. Menariknya, semuanya berlabel halal. Jadi jangan takut menyantapnya saat Lebaran.

Untuk menu Korea, yang paling diminati adalah Kimchi. Tampilannya sangat menggugah selera. Ada juga Dolsot Bibimbap dan bulgogi. Yang pasti, A Mi Rang lebih seru jika didatangi dengan keluarga. Karena, tempatnya juga asyik untuk kongkow.

8. Chicken Wing

Kuliner yang satu ini biasanya menjadi favorit anak-anak. Tapi, orang dewasa yang mencobanya juga pasti ketagihan. Kuliner dengan ayam selalu menjadi jaminan keenakan.

Salah satu menu favorit Chicken Wing adalah Ayam Goreng dengan Bumbu Terpisah. Menu ini adalah ayam goreng tepung. Namun, disajikan dengan bumbu yang siap dicolek kapan saja. Menu andalan lainnya adalah ayam bakar.

Resto Chicken Wing bisa ditemui di Ruko Cilegon Green Mega. Tepatnya di Blok E2 no. 15-16, Cilegon.

9. Rumah Makan Taktakan

Meski memiliki menu yag beragam, menu andalan Rumah Makan Taktakan adalah sop ikan. Menu ini selalu menjadi pilihan para pengunjung. Rasanya segar dan disajikan saat hangat, sangat susah untuk ditolak. Yang membuat beda, sop ikannya dipadukan dengan dauh kemangi, dau serai, dan cabe rawit.

Selain itu sayur tauge dan jus jambu juga menjadi pilihan pengunjung. Rumah Makan Taktakan sudah cukup lama berdiri. Yaitu sejak 1970-an. Tak heran jika rasanya tidak pernah berubah. Rumah makan ini berada di Jalan Taan Baru Serang.

10. D’Damkar Resto & Cafe

Inilah lokasi kongkownya anak-anak muda zaman now Cilegon. D’Damkar Resto & Cafe memang memiliki kriteria yang dibutuhkan anak-anak muda. Tempatnya asyik dan kekinian. Bisa dijadikan tempat selfie. Yang paling penting free wifi.

D’Damkar Resto & Cafe juga dilengkapi dengan makanan yang bisa membuat mulut ketagihan. Ada nasi gorengnya yang super lezat. Atau yang tidak ingin berat, bisa menyantap roti panggang dengan beragam toping. Seperti green tea, dan lainnya. Tempat ini juga menyediakan coffee latte, milkshake, dam masih banyak lagi.

Kalau kalian ingin ikutan nongkrong, datang saja ke Jl. Andro Meda Blok F2/01, Kompleks Damkar, Cilegon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *