Datang Ya ! Pagar Alam Trail Adventure Siap Digelar 9 Marer 2019

oleh -536 views

PAGAR ALAM – Kota Pagar Alam akan mengadakan event nasional Trail Adventure ‘’One Day Adventure Besemah 2019‘’. Digelar 9 Maret 2019, event ini mengambil lokasi Start dan Finish di Kawasan Wisata Gunung Dempo dengan trek Sepanjang 120 KM. Bukan hanya itu, beberapa titik juga akan tersaji daya tarik wisata alam dan budaya serta peninggalan sejarah Megalitikum.

Ini merupakan kegiatan rutin komunitas bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pagar Alam yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Peserta akan diajak melintasi berbagai trek yang menantang sambil menikmati keindahan alam dataran tinggi Besemah dan eksotisme budaya.

“Yang paling menarik peserta diajak untuk menikmati keindahan peninggalan budaya Megalitikum yang akan bisa dinikmati di beberapa trek,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagar Alam Samsul Bahri Burlian, Senin (25/2).
Panitia menargetkan diikuti 1200 peserta dari 20 Provinsi di Indonesia dan negara Tetangga. Seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

“Hadiah yang disiapkan ada 3 unit mobil, 4 unit motor dan hadiah hiburan menarik lainnya,” kata Samsul. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan, Kota Pagar Alam adalah Daerah Tujuan Wisata andalan di Sumartera Selatan. Juga termasuk sebagai salah satu Kawasan Strategis Pengembangan Pariwisata Nasional (KSPN) yang kaya akan keindahan alam dan budayanya.

Hal ini dapat dilihat dari keindahan pemandangan di kaki Gunug Dempo (3159 mdpl) dengan hamparan perkebunan teh yang menakjubkan. Tidak hanya itu, juga dikelilingi 47 air terjun serta peninggalan sejarah Megalitikum,” ujar Rizki yang juga diamini Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Selain wisata alam dan budaya, yang tak kalah menariknya Kota Pagar Alam sebagai salah satu Tujuan Wisata Adventure nasional. Hal ini terlihat dari seringnya diselenggarakan Event Adventure berskala nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pagar Alam dan komunitas terkait. Seperti, Motor Trail adventure, Offroad, Pendakian Kepuncak Gunung Dempo, Panjat Tebing, Sepeda Gunung Dan Walk Trail.

“Apalagi Kawasan Wisata Gunung Dempo telah dililengkapi berbagai fasilitas penunjang. Berupa penginapan yang representatif, venues olahraga paralayang dan sepeda gunung yang memiliki standar internasional dan berbagai fasilitas penunjang lainnya,” papar Dessy yang juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Area Sumatera Regional I Ida Fahmiwati.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Pagar Alam Trail Adventure ‘’One Day Adventure Besemah 2019‘ merupakan event yang dikemas menarik. Sasarannya dua sekaligus. Pecinta wisata sejarah dan pecinta wisata alam.

“Untuk meraih hasil luar biasa, memang harus dengan cara tidak biasa. Kemasan Pagar Alam Trail Adventure ‘’One Day Adventure Besemah 2019‘ ini unik dan menarik. Pesertanya tidak akan merasa bosan,” ujar Menpar Arief Yahya.

Akses menuju Kota Pagar Alam terhitung mudah. Anda bisa menggunakan perjalanan darat atau udara. Jika melalui jalur darat, Anda bisa menuju Pagar Alam dari dua kota terdekat, Palembang dan Bengkulu. Jarak Palembang Palembang – Pagar Alam 280 km, sedangkan jarak Bengkulu – Pagar Alam 169 km.

Jika ingin menggunakan pesawat, Anda bisa memulai penerbangan dengan tujuan Palembang. Setelah itu, Anda melanjutkan perjalanan dengan penerbangan dari Palembang dengan tujuan Bandara Atung Bungsu, Pagar Alam.
“Untuk akomodasi penginapan tidak perlu khawatir. Banyak jenis homestay atau hotel yang bisa Anda nikmati di Kota Pagar Alam,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *