Demak Punya Banyak Objek Indah Untuk Dikunjungi

oleh -958 views

SUARAJATIM.CO.ID– Demak adalah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Demak menyimpan keindahan alam yang tak kalah dari daerah yang lain. Ada begitu banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di Kota Wali pada #PesonaMudik2018.

Kabupaten yang berlokasi di pesisir utara provinsi Jawa Tengah ini, mempunyai potensi wisata yang begitu beragam. Mulai dari wisata alam, kuliner, religi dan masih banyak lagi yang dapat anda jelajahi. Dijamin #PesonaMudik2018 Anda makin berwarna.

“Kota Wali ini berdekatan dengan destinasi wisata lainnya seperti Kudus, Jepara, dan Semarang. Jadi langsung bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata didaerah lain yang berdekatan. Akses jangkauan kota Demak pun sangat mudah. Mengelilingi #PesonaDestinasiLebaran2018 yang berada di Demak pasti menyenangkan,” kata Menpar Arief Yahya, Minggu (3/6).

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Demak yang wajib anda kunjungi.

1. Masjid Agung Demak

Objek wisata yang pertama harus dikunjungi ketika berada di Kabupaten Demak adalah Masjid Agung. Masjid ini merupakan peninggalan Walisongo dan Sultan Fatah.

Arsitektur dari masjid Demak sudah mencapai lebih dari setengah abad. Gaya bangunan Masjid Agung Demak menjadi inspirasi bagi tempat ibadah serupa di penjuru nusantara.

Tempat wisata Masjid Agung Demak mempunyai filosofi yang sangat bermakna. Memiliki 3 trap atap yang menyimbolkan Islam, Iman dan Ihsan.

Di tengah ruang utama, ada soko guru yang dibuat oleh Walisongo. Ada pula 8 tiang penyangga serambi masjid yang diberikan Raja Majapahit yang merupakan ayah dari Sultan Fatah.

Kabupaten Demak sangat identik dengan Islam. Karena, kota ini menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di Jawa.

Bukti nyata peninggalan Islam adalah Masjid Agung Demak ini. Masjid Agung Demak bisa dikunjungi sebagai wisata hiburan malam.

Masjid ini terletak di Desa Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak. Masjid Demak ini dulunya digunakan sebagai tempat berkumpulnya para Wali Allah. Tempat ini begitu fenomenal dan memiliki ciri khas gambar seperti bulus (kura-kura).

Gambar Bulus tadi ternyata memiliki makna. Dimana kelapa bulus diibaratkan sebagai angka satu. Memiliki empat kaki yang berarti angka 4.

Badan Bulus yang lonjong memiliki makna angka nol. Sedangkan ekor bulus juga bermakna angka 1. Jika semua makna digabungkan akan menjadi anka 1401. Angka tahun 1401 Saka adalah berdiri masjid Agung Demak ini.

2. Museum Masjid Agung Demak

Museum ini letaknya di sebalah utara Masjid Agung Demak. Tempat menarik di Demak ini terdapat beragam peninggalan sejarah.

Diantaranya, serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali. Terdapat juga bedug, pintu asli masjid yang dulu, gentong dari campa, dan miniatur masjid. Terdapat juga ilustrasi bangunan masjid sejak 500 tahun yang lalu sampai sekarang.

Museum Masjid Agung Demak bisa terlihat dari jalur pejalan kaki. Di selatan Museum Masjid, pengunjung bisa melihat tempat wudhu berbentuk kolam yang dilingkari rantai dan pagar.

Pemberian pagar dan rantai dilakukan agar pengunjung tidak air kolam tempat wudhu pada jaman dahulu itu.

Bangunan Museum ini tidak terlalu luas. Dibagian tengah museum, terdapat Soko asli peninggalan dari guru Masjid. Di dalam museum Masjid Agung Demak ini, pengunjung dapat menmukan banyak koleksi-koleksi yang ada disini.

Diantaranya Koleksi Kitab suci kuno Alquran lengkap 30 juz yang berada di dalam lemari kaca dengan kondisi yang masih bagus. Terdapat juga koleksi kayu tiang yang dibuat oleh Sunan Kalijaga.

Ada juga Kap Lampu peninggalan dari Paku Buwono dan masih banyak lagi koleksi-koleksi yang menarik untuk dilihat.

3. Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga adalah salah satu anggota Walisongo yang cukup terkenal. Sunan Kalijaga mempunyai cara penyebaran Islam dengan bijak dan anggun.

Diantaranya melalui tembang-tembang Jawa dan Seni Wayang. Sunan Kalijaga termasuk Walisongo yang disegani oleh masyarakat. Ia meninggal di Demak.

Makam Sunan Kalijaga berada di lokasi dari Masjid Agung Demak. Yaitu di daerah Kalidagu. Makam Sunan Kalijaga sering dikunjungi oleh para pezirah di seluruh pelosok nusantara.

Tetapi perlu diingat, jika berziarah di makam Sunan Kalijaga harus menaati peraturan yang berlaku. Para peziarah yang datang dilarang membawa dan menggunakan benda pusaka.

Menurut kepercayaan, jika membawa berang pusaka ke makam ini maka kesaktiannya akan hilang. Oleh sebab itu, jika ada peziarah yang membawa benda pusaka harus dititipkan di Pos Satpam.

4. Makam Raja Demak
Demak memang terkenal dengan kota yang penuh dengan sejarah dan penuh dengan hal-hal yang berbau religi.

Tampat wisata religi selanjutnya yang memiliki nilai sejarah tinggi adalah makam Raja Demak. Makan ini terletak di sebelah utara dai Masjid Agung Demak, yang berada di Desa Kauman, Demak.

Disini terdapat beberapa makam. Diantaranya Makan Pangeran Trenggono, Raden Patah, Syekh Maulana Magribi, hingga Arya Penangsang.

Jika anda masuk ke Masjid Agung Demak anda akan menemukan serambi yang ada sebuah kolam untuk tempat wudhu. Serambi tersebut merupakan lorong penghubung.

Terdapat dua belokan di lorong itu. Jika mengambil arah kanan anda menuju museum Masjid Agung Demak. Jika kekiri anda akan menemukan makan dari Raja-raja Demak Jaman dahulu.

Makam Raja-raja ini terawat dengan baik karena ada juru kunci yang selalu merawat tempat bersejarah ini. Didalam Makam ini terdapat beberapa bangunan.

Diantaranya pendopo, Paseban yang digunakan untuk duduk, makan kasepuhan dan kanoman serta masih banyak lagi.

5. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Wisata selanjutnya ini berkaitan dengan potensi alam yang ada di Demak. Namun, masih banyak yang belum tahu lokasi wisata ini.

Lokasi wisata hutan mangrove ini tidak jauh dari Kota Demak.

Hutan Manrove ini tepatnya berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Jika anda mengunjungi lokasi ini pada sore hari, akan telihat sunset berpadu dengan asrinya pepohona dan udara laut yang segar.

Ditambah lagi banyaknya bangau yang menghiasi pepohonan dan langit. Untuk menuju lokasi tempat piknik di Demak ini, anda harus menaiki perahu atau kendaraan bermotor.

Saat berada di tempat wisata hutan mangrove di demak ini ada beberapa aturan yang harus ditaati. Pertama, harus menggunakan pakaian sopan ketika berada di lokasi ini.

Kedua, untuk pengunjung yang berpasangan dilarang bergandengan. Hal ini dilakukan untuk menghormati makam Syekh Abdullah Mudzakir.

6. Pantai Morosari

Selain memiliki wisata sejerah dan hutan mangrove, Demak juga mempunyai objek wisata pantai yang cukup menawan.
Salah satu objek wisata yang terkenal di Demak adalah Pantai Morosari. Pantai ini berada di Kecamatan Sayung.

Tempat wisata Sayung Demak ini memiliki panorama yang indah dengan hutan mangrove di deretan pesisirnya. Mirip dengan wisata pantai marina yang akan kita bahas setelah ini.

Bedanya kalau di Pantai Morosari ini pengunjungnya lebih sedikit. Biasanya ramainya ketika hari raya idul fitri, dimana diadakan syawalan dengan acara lomba perahu dayung serta sedekah laut.
Pantai Morosari ini dekat dengan jalan raya berjarak sekitar 3 km. Untuk rute menuju lokasi ini dimulai dari jembatan Sayung dari arah Semarang. Kemudian ke demak belok kiri menyusuri sungai ke arah utara sekitar 4 km.

Disarankan pada sore hari saja jika ingin berkunjung kesana. Hal ini dikarenakan panoramanya leibh indah dan udaranya juga tidak terlalu panas sehingga cocok sebagai tempat nongkrong di Demak.

7. Pantai Tirangan

Pantai Tirangan terletak di Desa babalan, Kabupaten Demak. Untuk menuju ke tempat wisata di wedung Demak ini anda harus menaiki perahu sekitar 1 jam perjalanan.

Dalam perjalanan anda akan disuguhkan pemandanagan hutan bakau dan indahnaya hamparan laut utara jawa ini.
Selain itu, jika beruntung anda akan melihat beberapa nelayan yang sedang menangkap ikan. Keuntungan lain dari ketika berkunjung ke Pantai ini adalah anda bisa membeli ikan laut.

Tentunya dengan harga yang miring di Tempat pelelangan ikan yang ada disana. Pantai Tirangan ini juga masih merupakan tempat wisata baru di Demak yang belum banyak pengunjung yang datang.

8. Pantai Marina

Pantai Marina ini merupakan salah satu objek wisata di daerah Demak yang sangat menarik dikunjungi. Walaupun sebenarnya banyak yang mengatakan bahwa pantai ini masih masuk di wilayah Semarang.

Destinasi ini berada Kota Semarang ini sangat cocok. Tepat tepat dijadikan destinasi wisata keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama. Pantai ini juga merupakan objek wisata murah di Demak.

Bagi wisatwan yang dari Demak rutenya bisa masuk ke kota semarang atau menuju jalan arteri (Jalan RE Martadinata ). Setelah itu menuju Arah PRPP.
Dan sampailah di Pantai Marina. Keindahan pantai utara jawa ini akan menjadikan liburan anda bermakna bersama keluarga serta meninggalkan penat beban pekerjaan.

Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat hunting foto di Demak yang keren.
9. Sentra Kerajinan Batik
Selani wisata alam dan sejarah, Demak juga memiliki kekayaan lokal berupa batik dengan berbagai motif. Salah satu motif yang terknal adalah gambar Masjid agung Demak.

Selain dapat berbelanja produk kain batik di lokasi ini. Anda dapat melihat proses pembuatan baik dari awal sampai akhir pembuatan. Sentra Kerajinan Batik ini bisa dijadikan tempat berfoto di Demak yang unik dan klasik.

Batik Demak juga tidak kalah dengan Kota Jogja, Solo, maupun Pekalongan. Kota Demak pun punya ciri khas motif tersendiri yang memebedakan dengah sentra batik di daerah lain.

Motif yang di usung oleh batik khas Demak ini memadukan gaya klasik dan kontemporer. Motif batik Demak juga banyak yang menceritakan mengnai keragaman Indonesaia mulai dari sejarah sampai kekayaan alamnya.
Sentra Pembuatan batik Demak ini telah dikembangkan mulai dari tahun 2012.
10. Brown Canyon

Kali ini akan membahasa kembali mengenai wisata Alam Di Demak. Salah satu tempat wisata alam di Demak yang sangat keren adalah Brown Canyon. Banyak yang berpendapat bahwa objek wisata ini seperti Brand Canyon yang ada di Amerika.

Lokasi ini sanbat cocok sebagai tempat berfoto di Demak yang ngehits dan populer. Objek wisata ini dulunya adalah bekas area pertambangan.

Bekas galian dari pertambangan ini sekarang menajdi sebuah lokasi yang unik dan eksotis sebagai tempat wisata.

Lokasi objek wisata Brown Canyon ini terletak di Desa Koban Batur, Kecamatan Mranggen, Demak. Lokasi tempat wisata di Demak ini berbatasan langsung dengan Semarang.
,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *