Denger Yuk Suara Merdu Dari BICF-7

oleh -931 views

SUARAJATIM.CO.ID– Suara-suara merdu akan tersaji di Bali International Choir Festival ke-7 (BICF-7). Eventnya akan digelar 24-28 Juli 2018. Tahun ini, BICF-7 akan diikuti banyak kontestan. Lokal hingga mancanegara. Jurinya juga kapabel.

Digelar sekitar 5 hari, BICF-7 akan berlangsung di beberapa venue. Mulai Prime Plaza Hotel & Resort, hingga Discovery Mall Kuta, Bali. Opening ceremony-nya dilakukan Selasa (24/7). Konsepnya dibuat menarik dengan Parade of Delegates dan Welcoming Dinner. Suasana pembukaan dijamin meriah karena peserta wajib mengenakan busana tradisional. Bagi kostum terbaik akan diberikan penghargaan ‘Best Outfit’.

Bukan hanya itu, inspirasi juga ditebarkan BICF-7. Sehari sebelum opening ceremony, Charity Concert digelar di Roh Kudus Katedral, Denpasar, mulai pukul 19.00 WITA. Ada lima paduan suara yang akan tampil di sini. Konser ini akan jadi program sosial. Nantinya, donasi yang terkumpul disumbangkan untuk beasiswa pendidikan bagi yang membutuhkan.

“BICF-7 ini sangat mengispirasi. Bukan hanya lewat alunan suaranya yang merdu, tapi juga kehalusan hati melalui Charity Concert. Experiencenya pasti luar biasa, apalagi BICF-7 digelar di destinasi terbaik dunia. Nature dan culture Bali ini luar biasa. Semua menjadi sempurna dengan komposisi pesertanya,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Senin (16/7).

Komposisi peserta BICF-7 memang istimewa. Event ini sedikitnya akan diikuti 10 peserta mancanegara. Jumlah peserta sementara sekitar 146 peserta berpaspor asing. Mereka berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, Filipina, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Komposisi dari luar Asia terdiri Selandia Baru, Latvia, Lithuania, Polandia, Amerika Serikat, Kanada, hingga Venezuela.

Koneksi asing ini akan dikuatkan oleh kontestan lokal. Mereka ini datang dari 26 provinsi di Indonesia. Menpar menambahkan, BICF-7 memiliki fungsi strategis. Sebab, ini menjadi bagian promosi wisata dari daerah masing-masing.

“Dengan komposisi latar belakang peserta yang lengkap, ini momentum terbaik untuk mengenalkan daerah. Potensi pariwisata dan lainnya bisa ditonjolkan di sini,” tuturnya.

Lebih menarik, BICF-7 akan menampilkan beragam aliran musik untuk lintas usia. Selain dewasa, event ini juga sangat ramah bagi anak-anak dan remaja. Mereka akan bersaing menjadi yang terbaik untuk kategori show choir, pop, jazz, acapela, campuran, serta khusus wanita atau pria saja. Selain itu ada juga kategori senior, gospel dan spiritual, folklore, grup vokal, hingga musica sacra.

“Semua latar belakang genre akan ditampilkan. Hal ini semakin menambah kekayaan dan wawasan soal paduan suara. Melihat spirit dan content yang ditawarkan, BICF-7 ini jangan sampai terlewatkan. Sebab, program yang ditawarkan sangat bagus,” terang Menpar lagi.

Para peserta akan dinilai oleh juri-juri lokal dan mencanegara. Sedikitnya ada 16 juri yang dihadirkan. Terbanyak dari tuan rumah. Nama juri yang disiapkan oleh tuan rumah adalah, Catharina L, Andreas Sugeng B, Avip Priatna, Daud Kosasih, juga Tommyanto K. Beberapa juri yang dihadirkan perwakilan ‘American Choral Directors Association’.

“Secara kualitas event ini memang bisa dipertanggungjawabkan. Juri-juri yang ditampilkan semuanya bagus. Mereka adalah ahlinya di bidang paduan suara,” tuturnya lagi.

Menyempurnakan kualitas peserta, program Singer Club dan Choir Clinic juga sudah disiapkan. Privat akan diberikan oleh Choral Expert bagi peserta mengenai teori dan praktek paduan suara. Harapannya, performanya makin maksimal saat naik panggung kompetisi.

“BICF-7 ini akan menegaskan sisi lain dari Bali yang eksotis. Pulau ini terbuka dan ramah kepada siapa saja. Kami yakin, event ini akan menjadi magnet kuat untuk menarik wisatawan. Bukan hana kualitas yang ditawarkan, BICF-7 digelar di destinasi terbaik dunia,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti.

Penyelenggaraan BICF-7 ini akan semakin spesial. Para juara akan tampil di Grand Prix Champion pada Sabtu (28/7). Lokasinya di Main Hall BICF-7, Prime Plaza Hotel & Resort.

Juara BICF-7 juga akan mendapatkan kualifikasi di Asian Choral Grand Prix 2019 (Filipina). BICF-7 juga memberi slot 10 paduan suara show dengan latar sunset Pantai Kuta, Minggu (29/7), pukul 18.00 WITA.

“BICF-7 ini akan jadi penyelenggaraan event terbaik. Rangkaiannya panjang, lalu ditutup dengan show di Kuta yang memiliki sunset terbaik. Hal ini akan memberikan pengalaman terbaik bagi semua, baik itu pengunjung terlebih para pesertanya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *