Deretan Destinasi di Bandung Ini Siap Sambut Api Asian Games

oleh -652 views

SUARAJATIM.CO.ID– Api Asian Games 2018 dijadwalkan tiba di Bandung, 11 Agustus 2018 mendatang. Rencananya, api akan dikirab sejauh 10 kilometer mengelilingi Kota Kembang.

Api Asian Games akan masuk ke Bandung melalui Tol Pasteur. Sambutan luar biasa sudah disiapkan. Tetapi jangan lewatkan juga kesempatan untuk berwisata ke Bandung.

“Bandung itu keren. Selalu menjadi destinasi favorit wisatawan. Terutama wisatawan dari Jakarta. Apalagi cuaca Bandung yang sejuk membuat wisatawan selalu ingin kembali lagi. Landscape alamnya juga sangat menakjubkan. Dan yang pasti destinasinya super lengkap. Ini yang membuat Bandung makin keren. Jadi jangan lupa berwisata ketika menyaksikan torch relay Asian Games di Bandung,” ujar Menpar Arief Yahya, Kamis (9/8).

Nah berikut 10 destinasi yang bisa di kunjungi ketika menyaksikan Kirab Obor Asian Games 2018 di Bandung.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu kerap dikaitkan dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Namun, sesungguhnya, gunung tersebut terbentuk secara alami dari lapisan lava yang mengeras dan juga diselimuti batu apung, tephra, serta abu vulkanik. Meski terdengar menyeramkan, lanskap alam Tangkuban Perahu sangatlah indah.

Semua keindahan itu bisa terlihat dari beberapa kawah Tangkuban Perahu. Cekungan di gunung tersebut membentuk danau belerang dengan warna air kehijauan. Sesekali, tampak kabut putih menyelimuti udara di atasnya. Namun, tak sedikit pun mengurangi kecantikan kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu menyuguhkan 9 kawah yang memiliki ciri khas berbeda. Meski begitu, semuanya terlihat memesona. Semisal, Kawah Ratu; kepundan terbesar di Tangkuban Perahu. Warna air belerangnya cenderung biru, walaupun ada polesan hijau di beberapa bagian.

2. Lereng Anteng

Terletak di kawasan puncak Ciumbuleuit, Lereng Anteng merupakan salah satu lokasi yang tepat bagi pencinta kuliner, alam serta sosial media.

Di sini, Anda dapat melihat ikon kota Bandung terutama ketika cuaca cerah, yaitu Jembatan Pasupati dan Masjid Raya Jawa Barat. Selain itu, di arah Selatan, Anda dapat melihat kemegahan Gunung Waringin, Gunung Malabar dan Gunung Patuha.

Selain pemandangannya yang langsung menghadap hamparan gunung-gunung yang hijau, Lereng Anteng juga menyediakan kuliner khas Sunda serta kopi nusantara yang pastinya akan memanjakan lidah dan mata Anda.

Dengan mengambil konsep terasering, Lereng Anteng menyediakan saung-saung dengan atap plastik transparan dan juga di dalam saung disediakan bantal-bantal dan alas sehingga Anda lebih nyaman.

Tentunya menu makanan yang disediakan oleh salah satu tempat yang dijuluki sebagai ‘panoramic coffee place’ ini cukup beragam. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah makanan khas tradisional Sunda serta camilan ringan dengan minuman hangat untuk menemani waktu bersantai Anda.

3. Situ Lembang

Terletak di ketinggian 1.567 mdpl, Situ Lembang menjadi salah satu objek wisata danau buatan tertua di Bandung. Tahun pembangunan telaga ini adalah pada tahun 1914, saat Belanda masih berkuasa di Indonesia.

Lanskap alam di sekitar Situ Lembang tampak memukau karena dikelilingi pegunungan. Ada Gunung Burangrang, Tangkuban Perahu, dan Gunung Sunda. Dari sini juga terlihat perbukitan yang hijau dan menyegarkan mata. Panorama makin indah manakala kabut tipis menyebar di udara, tepat di atas telaga.

Agar mudah menemukan lokasi Situ Lembang, sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menyewa mobil atau motor rental. Pun dapat menggunakan jasa transportasi online untuk mengantar sampai ke tempat tujuan.

4. Paris Van Java

Konsep yang diangkat Paris Van Java ini memang cukup unik. Karena menawarkan kebun binatang mini yang terletak di atap sebuah mall. Siapa yang dapat menyangka bahwa di lantai atas sebuah mall, kita dapat menemukan berbagai jenis binatang.

Dengan dekorasi kebun yang asri, suasana serta hawa yang teduh, Anda tentu tidak akan menyadari bahwa Anda berada di atap sebuah gedung pusat perbelanjaan yang paling terkenal di Bandung.

Terdapat 2 kebun binatang mini di bagian rooftop mall ini, yang pertama adalah Bird Park, sebuah taman burung yang dihiasi dengan tanaman mini dan habitat buatan bagi burung-burung.

Yang kedua adalah Lactasari Mini Farm, sebuah taman buatan yang dijadikan sebagai tempat peternakan berbagai hewan. Untuk mengeksplorasi tempat ini, Anda akan ditemani dengan seorang pembimbing (tour guide).

5. Floating Market

Kalau Banjarmasin punya pasar terapung, Lembang juga punya Floating Market. Meski sama-sama berada di atas air, keduanya memiliki perbedaan besar. Pasar terapung di Banjarmasin beroperasi di Sungai Kuin, sementara Floating Market dibangun di danau buatan.

Dari segi barang yang dijual juga berbeda. Jika di pasar terapung Banjarmasin menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti misalnya sayur dan buah-buahan, di Floating Market Lembang menyediakan kuliner khas Bandung dan Jawa Barat berupa sayur, ikan, serta makanan ringan. Anda juga bisa menemukan berbagai macam jajanan tradisional, seperti lotek, batagor, karedok, dan durian bakar.

Istimewanya lagi, di tempat wisata di Lembang ini juga terdapat permainan yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Beberapa contoh permainan yang ada di antaranya sepeda air, bebek air, perahu, serta kereta air. Sebagai oleh-oleh khas Bandung, Anda bisa membeli suvenir berbentuk kereta api.

Lalu, bagaimana cara mencapai lokasi Floating Market? Mudah saja; dari pasar Lembang, ambil arah Kota Bandung. Ikuti jalur tersebut hingga tiba di Jalan Grand Hotel No. 33, Lembang.

6. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka No 118 ini merupakan sebuah tempat yang sering disebut sebagai ‘one stop workshop kebudayaan’.

Tempat ini dibangun pada tahun 1966 oleh Mang Udjo atau yang memiliki nama asli dengan istrinya, Uum Sumiati dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya tradisional Sunda dan bentuk bakti beliau terhadap komunitas.

Di sini, Anda dapat menikmati pertunjukan alat musik tradisional seperti angklung, degung dan suling yang ditampilkan setiap harinya mulai dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 17.30.

Selain permainan angklung, Anda pun dapat menonton tarian tradisional adat khas Sunda, seperti Tari Jaipong, tari topeng, pertunjukan Kuda Lumping dan pertunjukan wayang golek.

Tentunya interaksi dengan penonton sangat dijaga di sini, dimana setiap akhir pertunjukan, penonton akan diajak untuk turut menari dan bermain alat musik bersama. Tidak heran, para pendidik sering membawa anak muridnya untuk belajar mengenai budaya ini.

Tidak hanya penduduk lokal, bahkan wisatawan asing pun tertarik untuk datang mengunjungi tempat ini.

Selain melihat pertunjukan, Anda pun dapat memainkan angklung Anda sendiri atau membeli alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini. Di sini, Anda juga dapat mempelajari cara membuat angklung karena workshop pembuatan angklung di sini terbuka untuk umum.

7. Trans Studio Bandung

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bandung.

Walaupun Trans Studio Bandung baru dibuka pada tahun 2011, tempat ini selalu ramai pengunjung karena tempat ini menawarkan wahana permainan indoor terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di dalam TSB, terdapat 20 wahana permainan yang dibagi dalam 3 tema, Studio Central (bernuansa Broadway), Lost City (bernuansa Alam) dan Magic Corner (bernuansa mistis).

Tentunya, Trans Corp yang juga menaungi stasiun Trans 7 dan Trans TV ini menyesuaikan permainan yang ada di setiap kawasan dengan program televisi yang ada di kedua stasiun tersebut.

Salah satu wahana yang paling terkenal di dalam TSB adalahYamaha Racing Coaster, sebuahroller coaster tercepat di dunia yang memiliki manuver gerakan mundur.

Roller coaster seperti ini hanya ada 3 di dunia, 2 di negara Amerika dan 1 di Trans Studio Bandung. Akselerasi kecepatan di sini mencapai 120 kilometer per jam yang dicapai dalam 3,5 detik.

Selain itu, juga terdapat Giant Swing, ayunan putar raksasa yang pertama ada di Indonesia.

Di sini, seluruh permainan disesuaikan dengan tinggi dan usia serta riwayat kesehatan, ada pula beberapa wahana di mana anak-anak harus didampingi oleh orang tua. Jika Anda ingin mencari tempat penginapan yang dekat dengan TSB, Anda dapat menginap di Trans Studio Hotel.

Di dalam kawasan tersebut pun terdapat pusat perbelanjaan Trans Studio Mall yang menyediakan berbagai ritel lokal maupun internasional.

8. Kawah Putih Ciwidey

Destinasi ini menjadi objek wisata wajib yang harus dikunjungi ketika berada di Bandung. Sangat banyak keluarga dan wisatawan muda dengan teman-temannya yang datang ke sana.

Jangan heran jika kawah putih akan sangat ramai. Walaupun ramai, kawah putih tetaplah menjadi lokasi yang layak untuk dikunjungi. Keindahan alam yang disajikan di sana tidak akan membuat kamu dan keluarga kecewa, kok.

Apalagi hawa khas pegunungan akan selalu membuat hati dan pikiran menjadi lebih dingin.

9. Farmhouse Lembang

Ingin berwisata alam di Bandung Utara? Anda dan keluarga juga bisa mampir ke Farmhouse Lembang. Di sana ada taman bunga dengan berbagai macam bunga warna warni. Ada juga gembok cinta seperti di Korea.

Yang menarik dari tempat yang sudah populer sejak 2015 ini adalah adanya sebuah bangunan kurcaci yang mirip dengan rumah yang ada di film The Hobbit.

10. Situ Patenggang
Destinasi satu ini memiliki nuansa natual yang sangat keren. Lokasinya di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan.

Pepohonan dan rerumputan hijau yang mengisi tepian danau akan menjadikan mata menjadi lebih dingin. Suhu yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *