Destinasi Wisata Khas Pantai Selatan Sambut Pemudik di Blitar

oleh -551 views

BLITAR – Bliter sudah siap memanjakan pemudik. Yang ditawarkan adalah eksotisnya Pantai Selatan di Jawa Timur. Rangkaian destinasi tersebut layak masuk #PesonaMudik2019. Keindahan alam, manmade, dan budaya di Blitar dijamin menambah warna perjalanan para pemudik.

“Blitar memiliki beragam destinasi wisata. Keindahannya menawarkan experience luar bagi pemudik. Segala penat langsung hilang, bila memilih destinasi tersebut sebagai lokasi beristirahat. Untuk itu, kami rekomendasikan beberapa destinasi di Blitar kepada pemudik untuk #PesonaMudik2019,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Berikut Top 10 Destinasi di Blitar yang bisa kalian kunjungi saat mudik nanti.

1. Kedung Entong

Kedung dengan banyak batu tersebut menjadi spot mancing terbaik. Bentuk geografis di sekelilingnya unik hingga warga Pulorejo menyebutnya demikian. Lokasi Kedung Entong berada di Pilorejo, Bakung, Blitar. Dengan bentang alamnya yang luar biasa, Kedung Entong tentu menjadi lokasi trekking yang menantang.

Pemudik ada mendapatkan nuansa hijau rimbun pepohonan. Udaranya menyegarkan sehingga sangat pas untuk melepas penat. Experience pemudik semakin lengkap bila mulai melempar joran pancing. Ada banyak ikan di sini yang siap memberikan sensasi tarikan joran menarik.

2. Pantai Umbul Waru

Berada di Pantai Selatan Jawa Timur, Blitar memiliki potensi wisata bahari yang besar. Pantai Umbul Waru pun menjadi destinasi potensial. Eksotisnya pun lengkap dengan warna air terjun yang memukau. Karakternya semakin kuat dengan tebing karang tinggi dan ombak khas Laut Selatan. Bila penasaran segera merapat ke Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar.

Untuk mencapai destinasi ini mudah. Pemudik bisa memilih rute Monumen Trisula atau Goa Embultuk. Bila startnya dari Monumen Trisula, maka bisa langsung mengikuti rute Air Terjun Tirtogaluh. Yang jelas saat berada di Pantai Umbul Waru jangan meninggalkan sampah. Tetap menjaga kebersihan lingkungan.

3. Rabbit Park Blitar

Selain alam, Blitar juga mengembangkan destinasi baru. Rabbit Park Blitar berada di Desa Wonorejo, Talun, Blitar. Aksesibilitasnya mudah dari pusat Kota Blitar. Ada beragam aktivitas yang ditawarkan di sini. Pemudik bisa bersantai sembari menambah koleksi foto untuk konten media sosial. Sebab, destinasi ini memiliki banyak spot uantuk berforo.

Beberapa fasilitas yang menarik diantaranya, Rumah Hobbit atau Rumah kelinci. Ada juga spot Rumah Terbalik, Rumah Pohon, hingga Pohon Cinta. Untuk Rumah Hobbit, di sini bisa dijumpai beragam kelinci yang lucu dan imut. Pemudik pun bisa bermain bersama kelinci-kelinci tersebut.

4. Curug Moncar

Blitar memiliki banyak surga tersembunyi. Salah satunya adalah Curug Moncar. Destinasi tersebut selalu ramai oleh pengunjung. Lingkungannya sangat asri dengan hijau rimbun pepohonan dan udara segar. Lokasi ini tidak pernah sepi. Arus wisatawan akan naik signifikan pada akhir pekan. Dengan karakter uniknya, Curug Moncar sangat ideal sebagai spot untk bermain air.

Dengan suasana alam yang masih alami, udara Curug Moncar sangat segar. Airnya jernih. Aksesibilitas menuju destinasi ini relatif mudah. Dari Kota Blitar, wisatawan bisa bergerak menuju Kademangan. Lalu ikuti jalan menuju Pantai Tambakrejo. Sesampainya di perempatan Gawang, ambil rute ke Monumen Trisula menuju arah Kedung Malang.

5. Air Terjun Tirto Galuh

Destinasi ini sangat populer. Sebab, ada banyak keunikan yang ditawarkan di sana. Ada air terjun unik yang dibentuk dari berbagai bebatuan. Airnya lalu jatuh ke Kedung Malang. Airnya sangat jernih dan segar. Apalagi, lingkungan sekelilingnya masih alami. Hijau rimbun pepohonan yang membuat udara semakin segar.

Memiliki background alam eksotis, kawasan ini pun sangat instagramable. Ada banak spot yang bisa dipakai untuk selfie. Aksesibilitasnya juga mudah dijangkau dari pusat Kota Blitar. Silahkan merapat ke sana, lalu termukan experience luar biasa di Air Terjun Tirto Galuh.

6. Gua Luweng

Andrenalin berbeda ditawarkan Blitar. Medianya berupa Gua Luweng. Lokasinya berada di Pondo, Ngrejo, Bakung, Blitar. Ada beragam warna eksotis yang ditawarkan oleh destinasi tersebut. Secara fisik, Gua Luweng memiliki 2 pintu. Ada pintu masuk dengan view air terjun. Pintu ke-2 berupa lokasi keluar air.

Gua Luweng memiliki kedalaman 50 meter. Ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati di sini. Pemudik bisa melakukan trekking mengikuti aliran sungai. Lokasi ini aman, karena track-nya dibuat permenan dengan semen oleh pendudukn setempat.

7. Puncak Kejora

Puncak Kejora merupakan destinasi unik yang ditawarkan Blitar. Lokasinya indah karena berada di hamparan perkebunan teh. Saat berada di Puncak Kejora, pemudik bisa menikmati indahnya Kota Blitar yang terlihat di bawahnya. Infrastrukturnya lengkap dengan gazebo-gazebo di sana.

Destinasi ini memang instagramable. Sebab, setiap angle foto miliki background indah. Aksesibilitas ke Puncak Kejora sangat mudah. Untuk mencapai kawasan ini, pemudik bisa melewati rute ke Sirah Kencong via Tegalsari. Pastikan Puncak Kejora menjadi destinasi utama saat mudik dan menikmati libur Lebaran.

8. Gumuk Sapu Angin

Destinasi Gumuk Sapu Angin terletak di Desa Rasapombo, Doko, Blitar. Destinasi juga menjadi venue selfie terbaik. Ada gardu pandang dengan landscape alam yang luar biasa. Dari sini, pemudik pun bisa menikmati keindahan Gunung Kawi dan Gunung Kelud sekaligus. Dengan udaranya yang sejuk, dijamin pikiran kusut pemudik akan segar kembali.

Lebih menarik lagi, di kawasan ini terdapat persemayaman terakhir Presiden RI Soekarno. Sembari berwisata alam, pemudik bisa menikmati nuansa sejarah yang kental. Membangun kembali optimisme untuk kemajuan bangsa dan negara ini.

9. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies di Blitar ini diklaim mirip seperti aslinya di televisi. Dengan background alam, Bukit Teletubbies sangat indah. Udaranya segar. Bagi penikmat fotografi, maka bukit ini adalah spot terbaik. Pemudik dijamin akan mendapatkan banyak konten unik dan menarik. Ujungnya, akun media sosial pun banjir like dan comment yang sangat positif.

Destinasi ini memiliki banyak infrastruktur pendukung. Ada gardu pandang, ayunan, spot lambang hati, hingga banyak ornamen lainnya. Secara geografis, Bukit Teletubbies sangat mudah dijangkau. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Blitar. Silahkan saja meluncur menuju Dusun Kampunganyar, Sumbersari.

10. Hutan Pinus Gogoniti

Nuansa sejuk dan asri ditawarkan Hutan Pinus Gogoniti. Lokasinya berada di Kemirigede, Kesamben, Blitar. Kawasan ini selalu menjadi rujukan wisatawan yang ingin berlibut. Menghirup udara segar hingga puas, sembari menikmati beragam suara burung di alam. Dengan warna alam kental, Hutan Pinus Gogoniti menjadi spot selfie terbaik.

Selain selfie, ada banyak aktivitas di sini. Pemudik bisa menikmati experience berkuda. Ongkosnya pun murah, yaitu hanya Rp10 Ribu. Ada juga gembok cinta. Pemudik bisa menggantungkan gembok cinta dengan harga Rp15 Ribu. Mitosnya pun beragam dan unik. Pemudik juga bisa bersantai memakai hammock.(****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *