Di Forum Business Gathering, Poltekpar Negeri Lombok Jamin Kesiapan SDM Mandalika MotoGP 2021

oleh -68 views

MATARAM – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok menjamin kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk penyelenggaraan event Mandalika MotoGP 2021. Kesiapan itu dipaparkan pada pertemuan “Business Gathering Industri Pariwisata Lombok-Sumbawa” yang diselenggarakan di Hotel Lombok Astoria, 10-11 Desember 2020. Pertemuan yang dihadiri puluhan stakeholder untuk mendukung penyelenggaraan Mandalika MotoGP 2021 itu difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Wakil Direktur I Poltekpar Lombok, Farid Said menyatakan, ribuan mahasiswanya siap dikerahkan jika dibutuhkan dalam penyelenggaraan event Mandalika MotoGP pada tahun depan. Setiap tahun, Farid melanjutkan, Poltekpar Negeri Lombok menghasilkan wisudawan terampil di sektor pariwisata sebanyak 200-300 orang.

Namun, kata dia, jika diperlukan seluruh mahasiswanya telah memiliki bekal cukup untuk diterjunkan dalam event Mandalika MotoGP. “Dari 1.359 orang mahasiswa kami, yang sudah di wisuda 314 wisudawan. Ribuan tenaga mahasiswa kami ini siap dengan keahlian khusus jika dibutuhkan untuk menyambut Mandalika MotoGP,” kata Farid, Jumat (11/12/2020).

Sejauh ini, Farid melanjutkan, Poltekpar Negeri Lombok menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan SDM unggul di bidang kepariwisataan. Bersama Kemenparekraf/Baparekraf, Poltekpar Negeri Lombok terlibat dalam peningkatan SDM di sekitar venue Mandalika MotoGP. “Kami memberikan pelatihan kepada sekitar 300 orang tenaga kerja khusus bekerjasama dengan Kemenparekraf,” ujarnya.

Poltekpar Negeri Lombok juga menjalin kerja sama dengan perhotelan, salah satunya adalah Hotel Pullman dalam melakukan pelatihan peningkatan kapasitas SDM kepada 200 peserta juga di sekitar venue Mandalika MotoGP. “Poltekpar Negeri Lombok telah siap dengan tenaga kerja, tidak ada masalah,” ujarnya.

Tak hanya dengan Pullman, Farid menjelaskan jika Poltekpar Negeri Lombok juga terus membina dan memberikan pelatihan kepada SDM akomodasi yang banyak tersebar di sekitar venue Mandalika MotoGP.” Ada vila, homestay, hotel, restoran dan lain sebagainya di sekitar venue Mandalika MotoGP yang kami beri pelatihan,” tuturnya.

Menurut Farid, dari aspek SDM tak ada masalah dan seluruh stakeholder maupun masyarakat di sekitar Mandalika MotoGP siap menyambut helatan akbar balap motor dunia tersebut. “Intinya kami telah siap menyambut Mandalika MotoGP. Seluruh aspek SDM telah kami persiapkan dengan baik mulai dari hospitality-nya hingga aspek-aspek lainnya,” tuturnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *