Festival Pesona Senggigi 2018 Buktikan Kebangkitan Pariwisata NTB

oleh -655 views

SUARAJATIM.CO.ID, LEMBAR – Genderang bangkitnya pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) terus ditabuh. Setelah sukses menggelar Sail Moyo Tambora 2018, NTB langsung tancap gas mengelar Festival Pesona Senggigi 2018. Festival ini akan dihelat tanggal 21-23 September 2018.

Festival Pesona Senggigi 2018 telah resmi dibuka setelah ditutupnya kegiatan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018. Pembukaannya langsung dilakukan oleh Staf Khusus Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Buyung Lalana di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (19/9).

“Ini merupakan sebuah momentum kita untuk bangkit. Suksesnya Sail Moyo Tambora 2018 menjadi pertanda bahwa NTB aman dan nyaman dikunjungi. Wisatawan mancanegara (wisman) yang mengikuti Sail Moyo Tambora 2018 telah membuktikannya,” ujar Asdep Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauzi, Kamis (20/9).

Mengedepankan #NTBBangkit, perhelatan kali ini mengusung tema Rowah Asuh Gumi Paer. Hal ini tentu berbeda dengan Festival Senggigi pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana festival kali ini menjadi ritual ruwatan bumi agar Tuhan senantiasa memberi perlindungan dan memelihara bumi NTB.

“Nuansa #NTBBangkit memang sengaja dijadikan suguhan dalam pelaksanaan Festival tahunan ini. Diharapkan festival ini mampu membantu masyarakat menghilangkan rasa trauma atas gempa yang terjadi,” ungkap Ricky.

Bukan itu saja. Balutan budaya khas juga akan mewarnai perhelatan ini. Dari mulai Festival Tari Daerah, Lomba Gendang Beleq, Bazaar, hingga Hiburan tersaji lengkap untuk meramaikan acara.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB Lalu Muhammad Faozal berharap event tersebut mampu memulihkan citra pariwisata NTB khususnya di Lobar. Terlebih Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Lombok.

“Gelaran event ini juga untuk menyuarakan kita sudah bangkit. Kita ingin wisatawan nusantara maupun mancanegara tahu bahwa Senggigi sudah pulih,” ujar Faozal.

Memang tak dapat dipungkiri pesona Pantai Senggigi sangat luar biasa. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Barat, sangat mudah dijangkau dari pusat keramaian kota Mataram.

Panorama Pantai Senggigi tak kalah asiknya dengan pantai-pantai di Bali. Gulungan ombak dan bentangan pasir putihnya terlihat sangat menawan.

Amenitasnya lengkap. Hampir semua hotel menghadap langsung ke pantai. Gempa yang melanda Lombok kemarin pun tak membuat banyak kerusakan. Bahkan relatif telah tertangani. Harga yang ditawarkan pun lumayan terjangkau bagi seorang backpacker atau traveler.

Tidak hanya sekadar bersantai di pinggir pantai. Beragam aktifitas lainnya pun dapat dilakukan disini. Dari mulai snorkeling, bermain kano atau pun bermain layang-layang dapat dilakukan.

“Semua itu akan dieksplore di Festival Pesona Senggigi 2018. Kami sudah bertekad untuk menjadikan event-event ini sebagai momen kebangkitan pariwisata NTB. NTB itu luar biasa dan saya yakin semua akan cepat pulih,” ujar Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I, Hendry Noviardi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengaku optimis pariwisata NTB dapat segera bangkit. Pasalnya seluruh stakeholder berperan aktif untuk membantu membangun kembali NTB. Hal ini juga didukung dengan semangat besar masyarakatnya.

“Saya telah berkali-kali menyampaikan bahwa spirit itu lebih hebat dari strategi. Semangat kuat ini ditunjukkan oleh masyarakat pariwisata di NTB khususnya Lombok. Saya yakin pariwisata NTB akan segera bangkit,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus membantu proses recovery NTB khususnya Lombok. Sehingga masyarakatnya dapat kembali hidup seperti sedia kala.

“Caranya sangat mudah, mari kita berwisata ke NTB sebagai bentuk dukungan kita. Saya pastikan NTB kini telah aman. Amenitasnya pun masih banyak yang tidak mengalami kerusakan. Saya sudah berulang kali mengunjungi pasca gempa. Kita buktikan kepada dunia bahwa NTB itu indah, aman dan nyaman,” ujar Menpar Arief Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *