Gerakan BISA , Bersih-bersih dan Penerapan Protokol Kesehatan di Pantai Goa Cemara Bantul

oleh -104 views

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Gerakan Bersih Indah Sehat dan Aman (BISA) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Usai menyambangi Candi Prambanan, kali ini Gerakan BISA dilaksanakan di Pantai Goa Cemara Bantul,24-25 Oktober 2020

Koordinator Hubungan Antar Lembaga Dalam Negeri Kemenparekraf , Nurwan Hadiyono, Sabtu (24/10/2020), mengatakan penerapan protokol kesehatan harus menjadi budaya baru yang ditumbuhkan oleh seluruh pihak untuk bangkit kembali dengan menciptakan peluang-peluang baru di era adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

“Gerakan BISA ini adalah upaya untuk menggemakan semangat bergerak dan maju bersama membangun kembali kepercayaan wisatawan terhadap pariwisata Indonesia,” kata Nurwan Hadiyono dalam sambutannya

Menurutnya, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, sehingga diperlukan dukungan kolektif dari semua pihak. “Semangat inilah yang akan dibangun dalam kegiatan bersama Kemenparekraf, pemerintah daerah, asosiasi komunitas, dan pihak lainnya di destinasi,” katanya.

Gerakan BISA merupakan program padat karya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang melibatkan para pelaku usaha parekraf dan masyarakat terdampak Covid-19 di sekitar destinasi wisata.

Bersinergi dengan Dinas Pariwisata D.I. Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, kegiatan ini memberdayakan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak ekonominya selama pandemi COVID-19. Kegiatan tersebut diantaranya meliputi pengecatan, penanaman tanaman pohon cemara, pelepasaan tukik (anak penyu), penyediaan tempat sampah,gerobak, perbaikan papan nama goa cemara, kursi, bangku serta sejumlah alat kebersihan di destinasi.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo mengapresiasi Gerakan BISA yang digulirkan kembali di wilayahnya

“Kegiatan ini kegiatan untuk memprovokasi atau stimulus agar masyarakat disini timbul kebiasaan baru yaitu bersih, indah, sehat dan aman. Sebagai destinasi sudah mempunyai daya tarik yang luar biasa, tentu harus diimbangi dengan sebuah kelayakan yang memberikan kenyamanan bagi wisatawan,” ujarnya

Pantai Goa Cemara adalah pantai yang terletak di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Tepatnya berdampingan dengan Pantai Samas dan Pantai Pandansari. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam tapi lembut dengan ombak yang cukup besar kerakteristik pantai selatan.

Lanskap hutan cemara yang rimbun hingga menjadi ciri khas pantai yang bikin wisatawan penasaran. Pantai ini juga memiliki lorong panjang menyerupai Goa yang terbentuk oleh ratusan pohon cemara.

Nilai lebih Pantai Goa Cemara lainnya adalah terletak di bentang gumuk pasir antara Muara Sungai Opak dan Sungai Progo. Lokasi ini menjadikan Pantai Goa Cemara eksklusif sebagai satu-satunya pantai di bentangan gumuk pasir di Asia dan hanya beberapa di dunia.

Meski memanjakan mata, para wisatawan harus mewaspadai risiko ombak besar dan rip current di wilayah Pantai Goa Cemara. Rip current adalah arus balik yang kuat dan berbahaya dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *