Giliran Borobudur Unjuk Kebolehan di CFD Jakarta

oleh -723 views

SUARAJATIM.CO.ID – Pengalaman baru kembali tersaji di Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (9/12). Kali ini giliran Borobudur yang memberikan pesonanya. Sajiannya super seru dan heboh. Membakar semangat para pengunjung Park and Ride Thamrin 10, Jakarta.

Acara dibuka dengan senam zumba yang begitu enerjik. Bukan saja pengunjung, para pejabat dari Kementerian Pariwisata pun turut ber-zumba ria.

“Kemarin sudah Danau Toba, Mandalika, serta Labuan Bajo. Kini giliran Borobudur yang menampilkan pesonanya di CFD Jakarta,” ujar Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Borobudur Indah Juanita, Minggu (9/12).

Kehebohan berlanjut dengan suguhan berbagai seni budaya khas Jawa Tengah. Dari mulai Tari Topeng Ireng, Tari Ronggeng, Tari Kethek Ogleng, hingga Tari Lenggang Kangkung ditampilkan untuk membawa aura Borobudur.

Selain itu, spot foto instagramable yang berlatar belakang keindahan Candi Borobudur tak luput dipersembahkan. Spot ini menjadi favorit para pengunjung untuk berfoto ria.

Indah mengatakan, mempromosikan Borobudur ke CFD Jakarta adalah langkah yang tepat. Pasalnya Jakarta merupakan pasar potensial untuk mendulang wisatawan.

“Target kita bukan sekedar mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman), tetapi juga menjaring wisatawan nusantara (wisnus). Dan Jakarta sebagai Ibukota negara, merupakan pasar yang sangat potensial,” ujarnya.

Dihadirkannya Borobudur pada program kali ini juga bukan tanpa sebab. Borobudur merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan pemerintah.

“Oleh karena itu, Kemenpar terus menggenjot promosi Borobudur. Apalagi Candi Borobudur sangat fenomenal. Candi Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur pun juga dinobatkan sebagai bagian dari UNESCO Heritage Site. Belum lagi berbagai potensi lainnya disekitar Borobudur yang saat ini terus kita kembangkan,” tegas Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib.

Respons Menpar Arief Yahya sangat positif. Baginya, Borobudur memang hebat. Levelnya sudah kelas dunia. Sebagai Candi Budha terbesar di dunia, kemegahannya pun tak kalah dengan popularitas Machu Picchu di Peru dan Petra di Jordania.

Sebanyak 2.672 ukiran relief dan 600 patung dan stupa Buddha yang ada di sana dinilai sebagai keajaiban karya manusia. Tak bisa ditemui di belahan dunia manapun.

Bahkan destinasi ini selalu menjadi incaran pesohor dunia. Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama sudah pernah menginjakkan kaki ke Borobudur. Begitu juga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, aktor Richard Gere, pesepak bola David Beckham, Aktor hingga Charlie Chaplin. Semua pernah menapakkan kaki di candi yang megah tersebut.

“Harus masif promosi dan pemasarannya. Bukan hanya di luar negeri, di dalam negeri pun juga. Sehingga masyarakat Indonesia juga paham apa kelebihan Borobudur. Masa kalah sama wisatawan dunia. Apalagi amenitas dan aksesibilatasnya sudah mumpuni,” ujar Menpar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *